Belum Meredup, Game Zombie Terlihat Menjanjikan di Tahun 2020

in

Game Zombie. Apa yang terlintas dipikiran kalian mengenai game Zombie? Membosankan? Terlalu monoton? atau mungkin Game Zombie adalah salah satu game yang kamu tunggu? Tentu saja masih banyak perdebadan dalam game zombie. Tetapi mengapa game zombie selalu mendapat hype yang bisa dibilang cukup antusias. Jadi apakah game Zombie masih contender yang kuat di tahun 2020?.

Sebelumnya, penulis pernah membuat sebuah list tentang Game Zombie yang pantas untuk kamu tunggu di tahun 2020. Dari list-list tersebut mungkin ada beberapa judul yang rasanya kurang mendapat spotlight. Sebut saja Undying dan juga The walking Dead Onslaught yang muncul untuk VR.  Tapi tentu saja ada beberapa game yang seperti nya bakal mekar di tahun 2020, tentunya The Last Of Us 2 dan juga Resident Evil 3 Remake.

2 game yang mendapat antusias yang cukup, adalah mereka yang memiliki nama besar dibelakangnya. Pertama The Last of Us bisa dikatakan adalah salah satu game yang memiliki cerita dramatis yang super epic dan terasa lebih manusiawi dan berhasil mernarik perhatian para gamer. Sedangkan Resident Evil? Meski sempat down di beberapa seri, tetapi nama Resident Evil yang bisa dikatakan adalah pelopor game Zombie di PS 1.RE bisa dikatakan sebuah game yang memiliki fans base paling besar. Belum lagi, 2 seri terbaru mereka Resident Evil 7 bisa dikatakan berhasil mengembalikan nama Resident Evil. Sedangkan Resident Evil 2 Remake masuk dalam nominasi Game Of The Year pada pagelaran The game Awards.

Dilihat dari situ saja dari Tahun ke Tahun genre Zombie selalu memliki beberapa judul game yang sangat menarik. Tapi disisi lain game Zombie juga mendapatkan opini yang cukup buruk. Seperti “Ya, elah cuman game Zombie, gamenya mah gitu-gitu aja”. Pasti diantara kalian ada yang mendengar tentang kata-kata seperti itu. Tetapi jika ditelaah lebih lanjut. Dari segi cerita, Game Zombie yang meledak pasti tidak berkonflik langsung dengan Zombie, alias Zombie hanyalah secondary enemies sedangkan main coursenya adalah Manusia. Dalam artian bagaimana manusia-manusia ini survive dari segala bentuk ancaman Zombie. Munculnya manusia kejam biasanya dijadikan Main Villain untuk game Zombie. TLOU juga begitu, Resident Evil juga begitu.

Memang dalam artian sederhana setiap game Zombie satu dengan yang lain, memiliki keunikannya sendiri dari segi gameplay. Seperti Resident Evil lebih kepada resources terbatas, sehingga tidak semua Zombie bisa kamu bunuh. Kedua State of Decay, membentuk suatu perkumpulan para survivor untuk bertahan dari serangan Zombie. Left 4 Dead, dengan misi-misi melawan perkumpulan Zombie tak habis-habis. Dying Light, sistem parkour super dasyat menjadi unggulannya. The last of Us, story penuh drama dan Intrik. Jadi intinya, memang semua musuhnya Zombie, tetapi sajian utamanya bukanlah zombie nya.

Peradaban Game Zombie memang tidak bisa dikatakan hancur. Mereka masih bertahan dan terus menyajikan detail-detail baru yang menjadi ciri khas mereka. Meskipun seri terbesar mereka tahun lalu Resident Evil hanyalah sebuah Remake. Terlepas dari itu, genre Zombie yang akan hadir di tahun 2020 terlihat sangat solid. Hadirnya teknologi-teknologi baru dalam Video Games, membuat game Zombie semakin menyeramkan dan mendebarkan.

Meski ada blunder di sana-sini. Game Zombie masih tetap rilis. Tetapi apakah game Zombie masih relevan di tahun 2020. Jawabannya ada di Individu masing-masing. Bagaimana mereka melihat game Zombie tersebut. Adakah gameplay baru yang dihadirkan dan mampu menarik perhatian. Misalkan pada game Days Gone, meski menyajikan Open World sebagai keunikannya. Ditambah dengan intrik yang disajikan antar manusia cukup menarik. Somehow, Days Gone tidak mampu mendapatkan sorotan yang bagus, bearti ada sesuatu yang kurang bagi fans game Zombie.

Beberapa kali penulis sempat membaca pada forum reddit, tentang apa yang kurang dari game Zombie. Diantaranya ada yang berkata bahwa mereka menginginkan adanya pembentukan komunitas yang lebih solid seperti halnya state of Decay, namun dikembangkan lebih rumit namun tetap simpel. Kalo penulis pribadi menginginkan bagaimana Zombie itu akhirnya hilang dari muka bumi, terutama cerita munculnya obat yang mampu mengobati wabah Zombie. Semua tetap berada pada preferensi masing-masing Individu, bagaimana sempurnanya sebuah game Zombie.

Hal yang paling menarik dari forum tersebut ada sebuah opini yang mengatakan bagaimana kita tidak takut terhadap Zombie. Kita terlalu terbiasa dengan zombie, tidak ada lagi aim berantakan karena kita sudah terlalu tenang. Ia ingin kembali merasakan rasa takut itu kembali. Ini mungkin sebuah opini yang bisa menjawab beberapa orang yang telah malas memainkan Game Zombie. Tetapi ini hanya untuk alasan dari beberapa orang saja.

Jawabannya masih terlalu ribet bukan, selama game Zombie tersebut mampu memberikan pengalaman yang berbeda dari game-game Zombie sebelumnya. penulis rasa, Game Zombie akan menjadi pilihan di tahun 2020 ini. Terlepas dari segala bentuk cercaan Negatif tentang game Zombie, selama masih ada yang membuat game Zombie maka tidak ada alasan bahwa genre Zombie ditinggalkan.

Jika kalian merasa “cukup” dengan game Zombie, tentu saja kalian tinggal stop membelinya. Jika kalian mencintainya, ya tinggal mainkan saja. Tetapi jika dilihat line game Zombie yang akan rilis, Tahun 2020 mungkin menjadi salah satu tahun dimana Game Zombie mampu mencuri spotlight.  TLOU 2, Dying Light 2 hingga Resident Evil 3 Remake akan hadir di tahun 2020? 3 nama besar game zombie hadir di tahun yang sama. Namun, yang paling terlihat antusiasnya di tahun ini adalah RE 3 Remake dan TLOU 2. Dying Light masih penuh tanda tanya di sana-sini.

Kesimpulannya, game zombie masih terus menghadirkan tema yang sama, survival dan Zombie. Tetapi gameplay nya akan terus berkembang. Ditambah dengan latar serta Zombie-Zombie aneh yang akan bermunculan. Pertanyaan tentang apa yang menjadi pembeda dari seri-seri sebelumnya, masih menjadi perbincangan yang hangat. Mungkin hanya menyajikan hal-hal Nostalgia, atau mungkin pengembangan karakter pada seri sebelumnya atau mungkin juga melakukan bold move dengan menghadirkan gameplay yang jauh berbeda dari game Zombie yang ada.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait dengan Game Zombie atau artikel keren lainnya dari Rajendra.

Avatar

Written by Jendra

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.