Benarkah Game Kaguya-Sama: Love is War Adalah Game Resmi dari Shueisha?

Game Kaguya-sama Love Is War

Baru-baru ini sedang heboh pengumuman game dari dunia pop kultur anime & manga Jepang. Game tersebut adalah Kaguya-sama: Love is War yang disebut sebagai game dari franchise manga dan anime dengan judul sama.

Namun tahukah kalian bahwa game tersebut bukanlah game resmi dari franchise Kaguya-sama: Love is War. Loh, kok bisa?! Yuk, kita cari tahu bersama!

Game Kaguya-Sama: Love is War

Sebuah game berjudul Kaguya-Sama: Love is War baru saja diumumkan. Game ini akan rilis pada 1 Juni 2021 di PC melalui Steam. Berikut adalah deskripsi game-nya dari Steam.

Mengatakan cinta kepada seseorang adalah salah satu tantangan paling menakutkan yang harus kita hadapi. Kaguya-Sama: Love is War akan membawa rasa takut tersebut secara ekstrim. Game visual novel ini bukanlah game rom-com yang pernah kalian temui; sebuah pertarungan antara 2 orang jenius yang keras kepala untuk mencari tahu siapa yang akan menembak duluan.

Walaupun full game atau demo-nya belum rilis, sudah ada beberapa review tertera disana.

“Sebuah mahakarya yang membangkitkan semua yang ingin kurasakan dalam komedi romans.” 10/10 – Fan

“Love is War menunjukkan banyak hal yang luar biasa diberikan pada game yang membuat semua orang bisa menikmatinya. Dengan kata lain, game ini sangat bagus! Kamu tidak percaya? Pfff, o kawai koto~. Biarkan aku memberimu sedikit pelajaran mengenai betapa bagus anime-nya.” 9/10 – Fan

“Kaguya-sama: Love is War adalah serial yang luar biasa yang tidak ada satupun orang menolaknya.” 10/10 – RebelPanda

Kecurigaan Game Kaguya-sama: Love is War

Kemunculan game Kaguya-sama: Love is War memberikan banyak pertanyaan dari para penggemar serial ini. Itu karena kemunculan game tersebut terlalu mendadak. Tidak ada satu pun informasi sebelumnya mengenai keberadaan game ini. Bahkan jadwal rilisnya pun berjarak kurang dari 2 minggu setelah pengumumannya.

Setelah mencari tahu lebih banyak lagi, ada kemungkinan game tersebut bukanlah game resmi. Biasanya, adaptasi game dari manga ataupun anime Jepang, pasti akan ada promosi melalui situs resminya. Setelah di telusuri, tidak ada satupun iklan promosi untuk game ini di situs-situs tersebut.

Penelurusan Lebih Lanjut

Kembali lagi saya mencoba cek game Kaguya-sama di Steam. Sekilas terlihat game tersebut memang tampak meyakinkan. Tapi kalau kalian perhatikan baik-baik, ada banyak hal yang mencurigakan.

Pertama adalah beberapa gambar karakter diperlihatkan melalui video trailer dan screenshot pada game-nya. Apa yang diperlihatkan di Steam tidak memiliki konsistensi terhadap desain karakter yang digunakan. Beberapa ada yang mengambil langsung dari desain anime dan ada juga desain karakter yang terlihat seperti buatan fans atau artist dari Pixiv.

Kedua adalah banyaknya scene diambil dari anime. Seharusnya game tersebut memperlihatkan lebih banyak salah satu momen di dalam game. Atau setidaknya memperlihatkan opening game untuk menarik perhatian penggemar. Hal yang sama pada video trailer yang banyak mengambil dari adaptasi anime-nya.

Ketiga adalah nama Shueisha Games sebagai pihak developer dan Shueisha Inc sebagai publisher. Saat saya mengecek kedua nama tersebut di Steam, hanya ada game Kaguya-sama muncul list. Hal ini menambah rasa curiga saya terhadap game ini.

Sebagai catatan, perusahaan Shueisha fokus pada penerbitan media buku seperti manga, light novel dan buku lainnya di Jepang. Memang ada beberapa adaptasi game dari penerbit Shueisha, namun yang mengembangkan game tersebut berasal dari perusahaan lain.

Game Kaguya-sama: Love is War Bukanlah Game Resmi

Sebenarnya masih banyak lagi poin-poin yang bisa saya jelaskan mengenai kecurigaan terhadap game ini. Saya rasa penjelasan di atas sudah cukup jelas mengenai bukti bahwa game Kaguya-sama: Love is War yang ada di Steam bukanlah game resmi.

Game ini adalah game buatan fans atau penggemar. Belum ada kepastian apakah game “resmi” ini benar-benar akan dibuat atau cuma untuk troll atau mengerjai banyak orang, terlebih untuk penggemar franchise tersebut. Saya akui niatnya untuk membuat ini cukup banyak pihak yang tertipu.

Selama penelusuran, saya menemukan sebuah game resmi Kaguya-sama. Namun game ini hanyalah game mini untuk mempromosikan manga-nya. Bagi yang penasaran, kalian bisa coba game mini-nya di sini. Kalian hanya bisa akses game Kaguya-sama: Love is War melalui gadget smartphone.

Itulah informasi lengkap mengenai game Kaguya-sama: Love is War. Kalian jangan bersedih karena tidak menutup kemungkinan adanya adaptasi game Kaguya-sama: Love is War. Mari kita tunggu saja pengumuman dari Shueisha atau perusahaan resmi yang mengembangkan game-nya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Steam atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via faisal@gamebrott.com

Exit mobile version