Berapa Banyak Ending Elden Ring dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Ending Elden Ring

Mengikuti jejak para pendahulunya, Elden Ring sudah dipastikan memiliki multiple ending yang bisa pemain dapatkan. Sejak game buatan FromSoftware ini diumumkan, Hal ini telah diungkap oleh Hidetaka Miyazaki jauh hari sebelum game-nya rilis. Setelah game ini rilis, diketahui gamer menemukan banyak sekali ending yang bahkan lebih banyak dari seri game Dark Souls lainnya, termasuk Bloodborne dan Sekiro.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai berapa banyak ending Elden Ring yang bisa kalian temukan dan bagaimana cara mendapatkannya. Informasi ini berdasarkan kumpulan informasi dari komunitas game yang telah menemukan berbagai macam ending dengan melakukan banyak hal, mulai dari melakukan trigger scene, questline NPC dan lainnya.

Baiklah kita mulai saja pembahasan mengenai berapa banyak ending Elden Ring dan bagaimana cara mendapatkannya!

PERINGATAN: Artikel ini akan mengandung SPOILER dari sebagian besar isi cerita game dan juga ending Elden Ring.

Ending Elden Ring Mirip dengan Ending Seri Dark Souls

Berapa Banyak Ending Elden Ring dan Bagaimana Cara Mendapatkannya? 9

Sebelum kita membahas topik utamanya, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan terlebih dahulu untuk para pembaca. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari penjelasan masing-masing ending-nya, game ini memiliki kemiripan dengan ending yang ada di seri Dark Souls.

Secara garis besar, karakter kalian seorang Tarnished bisa menjadi sosok penting dengan untuk menjadi seorang Elden Lord yang melanjutkan era dibawah kepemimpinan dengan berbagai macam kondisi. Apakah dunia Land Between akan menjadi lebih baik atau menjadi lebih buruk, semuanya ada di tangan sang Tarnished.

Cara penyajian ending ini mirip dengan karakter seri Dark Souls lainnya yang memiliki tugas yang sama untuk memimpin dunia yang kemudian melanjutkan era dunianya menjadi lebih baik atau justru menghancurkannya dalam memasuki era baru.

Berapa Banyak Ending Elden Ring?

Pada saat artikel ini ditulis (23/3), diketahui ada 6 ending Elden Ring yang bisa kalian dapatkan dalam game. Berikut istilah 6 ending yang telah diketahui para gamer saat ini:

1. Age of Fracture
2. Age of Duskborn
3. Blessing of Despair
4. Age of Order
5. Lord of Frenzied Flame
6. Age of the Stars

Dari semua ending dalam game, 4 dari 6 ending membuat karakter Tarnished menjadi sosok Elden Lord yang menjadi tujuan utama sang karakter dengan efek samping kondisi Land Between yang berbeda-beda. Selain 6 ending di atas, ada satu ending lagi yang diketahui menjadi ending ke-7 dalam game. Informasi tersebut gamer temukan dari datamine di dalam game. Ending Elden Ring yang ke-7 tersebut dinamakan Age of Absolution. Namun hingga saat ini, informasi tersebut masih belum dipastikan apakah ending ke-7 tersebut benar-benar ada atau tidak.

Cara Mendapatkan Ending Elden Ring

Berapa Banyak Ending Elden Ring dan Bagaimana Cara Mendapatkannya? 10

Setelah mengetahui ada berapa banyak ending dalam game ini, saya akan memberikan informasi mengenai cara mendapatkannya. Kalian harus mengikutinya sesuai petunjuk bagaimana cara mendapatkan ending tersebut agar tidak melenceng dari target yang kalian inginkan. Itu karena jika kalian mengikuti salah satu quest NPC atau mendapatkan/memberikan item penting bisa saja membawa kalian dari ending yang lain.

Inilah cara mendapatkan semua ending Elden Ring yang harus kalian lakukan!

1. Bagaimana Cara Mendapatkan Ending Age of Fracture di Elden Ring?

Ending Age of Fracture adalah ending default yang sangat mudah kalian dapatkan di Elden Ring. Selama kalian tidak mennyelesaikan quest NPC lain yang akan saya jelaskan nanti, kalian akan dibawa ke ending ini secara otomatis. Setelah mengalahkan Final Boss, pilih opsi “Mend the Elden Ring“.

Berapa Banyak Ending Elden Ring dan Bagaimana Cara Mendapatkannya? 11

Ending ini akan menampilkan scene dimana Tarnished akan menjadi sosok Elden Lord memulai sebuah era baru di dunia Land Between.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

2. Bagaimana Cara Mendapatkan Ending Age of Duskborn di Elden Ring?

Ending Age of Duskborn adalah ending ke-2 yang bisa kalian dapatkan dengan menyelesaikan Questline NPC bernama Fia. Dengan menyelesaikan quest NPC tersebut, kalian akan mendapatkan key item bernama Mending Rune of the Death-Prince. Setelah mengalahkan Final Boss, pilih opsi “Mending Rune of the Death-Prince“.

Berapa Banyak Ending Elden Ring dan Bagaimana Cara Mendapatkannya? 12

Ending ini akan menampilkan scene dimana Tarnished akan menjadi sosok Elden Lord memulai sebuah era baru bernama Age of Duskborn dimana konsep kehidupan didalam kematian akan tertanam pada sistem Order. Sebagai efek sampingnya, Land Between akan dipenuhi kabut misterius.

3. Bagaimana Cara Mendapatkan Ending di Elden Ring?

Ending Blessing of Despair adalah ending ke-3 yang bisa kalian dapatkan dengan memberikan item Seedbed Curse kepada NPC bernama Dung Eater. Kalian harus memberikan item tersebut berulang kali sampai NPC memberikan key item bernama Mending Rune of the Fell Curse. Setelah mengalahkan Final Boss, pilih opsi “Mending Rune of the Fell Curse“.

Berapa Banyak Ending Elden Ring dan Bagaimana Cara Mendapatkannya? 13

Ending ini merupakan versi lain dari Age of Fracture dimana Tarnished akan menjadi sosok Elden Lord dengan menggunakan Mending Rune of the Fell Curse dan memasuki sebuah era baru. Namun efek sampingnya adalah Land Between akan dipenuhi oleh sebuah kutukan.

4. Bagaimana Cara Mendapatkan Ending Age of Order di Elden Ring?

Ending Age of Order adalah ending ke-4 yang bisa kalian dapatkan dengan menyelesaikan questline dari NPC Goldmask dan Brother Corhyn. Dengan menyelesaikan questline mereka, kalian akan mendapatkan key item bernama Mending Rune of Perfect Order. Setelah mengalahkan Final Boss, pilih opsi “Mending Rune of Perfect Order“.

Berapa Banyak Ending Elden Ring dan Bagaimana Cara Mendapatkannya? 14

Sama seperti ending Blessing of Despair, ending Age of Order merupakan versi lain dari default ending di Elden Ring. Karakter Tarnished akan menggunakan Mending Rune of Perfect Order dan menjadi Elden Lord di era yang baru. Perbedaannya adalah Order di Land Between telah dipulihkan kembali setelah sebelumnya akan diganti atau dalam kondisi tidak terkendali.

5. Bagaimana Cara Mendapatkan Ending Lord of The Frenzied Flame di Elden Ring?

Ending Lord of The Frenzied Flame adalah ending ke-5 dalam game yang berbeda dengan 4 ending sebelumnnya dimana Tarnished tidak menjadi Elden Lord sesuai misi utama. Untuk mendapatkan ending ini, kalian harus bertemu dengan NPC Three Fingers yang ada di Cathedral of the Forsaken. Harap diingat, ketika kalian bertemu dengan Three Fingers, semua ending yang ada di Elden Ring akan terkunci. Setelah melawan Final Boss, pilih opsi “Become the Lord of Frenzied Flame” untuk mendapatkan endingnya.

Berapa Banyak Ending Elden Ring dan Bagaimana Cara Mendapatkannya? 15

Ending Lord of The Frenzied Flame akan memperlihatkan Tarnished memilih jalan berbeda dari tujuan utamanya menjadi Elden Lord. Dia justru menjadi Lord of Frenzied Flame yang tidak diinginkan oleh Melina. Pada akhirnya dia meninggalkan Tarnished dan membiarkan tubuh Tarnished menjadi pengorbanan dan pohon keramat di Land Between akan terbakar. Melina bersumpah akan menjadi “Destined Death” atau seseorang yang akan membunuh Tarnished karena memilih menjadi Lord of Frenzied Flame.

Ada cara untuk kalian menghindari ending ini ketika tidak sengaja bertemu dengan Three Fingers. Kalian harus menggunakan item khusus bernama Miquella’s Needle di arena Dragonlord Placidusax’s yang berlokasi di Crumbling Farum Azula. Dengan menggunakan item tersebut, efek Frenzied Flame pada karakter akan hilang dan kalian sepenuhnya bisa menghindari ending ini secara permanen.

6. Bagaimana Cara Mendapatkan Ending Age of the Stars di Elden Ring?

Ending Age of the Stars adalah ending ke-6 dan masuk dalam kategori Secret Ending dalam game. Sama dengan ending Lord of Frenzied Flame, ending ini memperlihatkan Tarnished tidak menjadi Elden Lord sesuai misi utamanya. Untuk mendapatkan ending ini, kalian harus menyelesaikan questline yang panjang karakter Ranni the Witch. Setelah melawan Final Boss, temukan Summon Sign Ranni di lokasi kalian bertarung tadi. Setelah kalian memanggilnya, maka ending Age of the Stars akan aktif.

Berapa Banyak Ending Elden Ring dan Bagaimana Cara Mendapatkannya? 16

Ending Age of The Stars sangat berbeda dengan ending Elden Ring sebelumnya karena Tarnished tidak akan menjadi Elden Lord baru di Land Between. Tetapi dia justru menjadi Elden Lord yang setia pada Ranni the Witch sebagai Goddess. Ranni akan mengakhiri era The Golden Order dan membuat Order baru dia sendiri. Untuk membuat Order tersebut. dia juga melepaskan semua pengaruh dari The Greater Will di Land Between sepenuhnya.

Dia dan Tarnished pergi menuju sebuah petualangan baru yang membutuhkan waktu ribuan tahun. Akibat perginya dia dan Tarnished membuat Land Between ditinggalkan begitu saja tanpa pemimpin untuk pertama kalinya dalam sejarah. Bisa dikatakan ending ini memberikan kebebasan secara sepenuhnya bagi Land Between tanpa adanya campur tangan dari The Greater Will ataupun Outer God.

Itulah informasi mengenai berapa banyak ending Elden Ring dan cara mendapatkan semua ending-nya. Semoga informasi ini dapat membantu kalian untuk mengikuti petunjuk cara mendapatkan ending dalam game. Terlebih bagi kalian yang ingin sekali mendapatkan Secret Ending Ranni the Witch karena suatu hal. Sudah siapkah mengikuti salah satu atau semua ending game Elden Ring yang telah rilis di platform PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series dan PC?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Elden Ring atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version