Berapa Jam Dibutuhkan untuk Tamatkan Metroid Dread?

Metroid Dread

Fans Metroid telah menunggu satu dekade lebih untuk sekuel Metroid dengan perspektif 2D dan akhirnya mereka mendapatkannya lewat Metroid Dread. Dikembangkan oleh Mercury Steam yang juga kembangkan Metroid: Samus Returns di tahun 2017 lalu, Metroid Dread yang menjadi game kelima dalam seri 2D Metroidvania ini sukses mendapatkan review fantastik dari fans dan juga kritikus.

Namun seberapa lama durasi dari sekuel kelima ini? Mari kita lihat saja langsung.

Berapa Jam Campaign dari Metroid Dread?

Metroid Dread sayangnya bukan game yang begitu lama dari segi durasi. Tergantung akan seberapa sering kamu “nyasar”, Metroid Dread dapat diselesaikan dalam waktu 7-9 jam. Game mungkin memang miliki peta yang luas dan eksplorasi bercabang ala Metroidvania, namun game ini bisa dibilang menjelaskan rute dan kemana kamu harus pergi dengan sangat baik tanpa membuatnya begitu mudah.

Sebagai perbandingan, Metroid Fusion (game ketiga dalam kronologi cerita) memakan waktu kurang lebih 5 jam untuk diselesaikan dan Metroid Samus Return (game kedua dalam kronologi cerita) berkisar selama 10 jam. Metroid Prime yang menjadi sub-seri dengan perspektif first-person cukup lebih lama yaitu sekitar 14-16 jam namun hal tersebut lebih karena presentasi naratif yang lebih panjang pada trilogi Prime.

Meskipun tergolong singkat, Metroid Dread mengisinya dengan konten yang berkualitas. Gameplay dari game ini sangatlah fantastik, sangatlah menantang lewat boss dan levelnya, dan berpotensi menjadi game incaran para speedrunner mendatang.

Metroid Dread nantinya akan terdiri dari 8 area terpisah yang harus kamu eksplorasi bolak-balik untuk tamatkan game. Berikut diantaranya:

Berapa Lama untuk Completionist 100%?

Bukan Metroid kalau tidak menyembunyikan collectable dan upgrade extra di dalam level besarnya. Metroid Dread sebenarnya sudah sangat cukup untuk ditamatkan dengan mengikut jalur yang game tentukan. Namun jika kamu ingin mempermudah game atau sekedar ingin menamatkannya secaran total, kamu dapat mendatangi banyak area dan dinding rahasia dengan kemampuan baru yang kamu dapatkan.

Untuk selesaikan game ini secara 100%, game hanya perlu membutuhkan waktu 11-13 jam. Lagi-lagi memang durasi yang sangat lama jika dibandingkan dengan game AAA modern lainnya. Namun kembali lagi, Metroid Dread menjadi game yang lebih utamakan kualitas ketimbang kuantitas.

Ada 20 power-up yang dapat kamu temukan di planet ZDR. Berikut di antaranya:


Baca pula informasi lainnya beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version