Berhasil Jual Satu Miliar Mod, Modders Minecraft Hasilkan lebih dari $350 juta sejak Microsoft membelinya

in
B608f18e70d1925c7336995060ab62b1

Microsoft mengumumkan laporan keuangannya di Q3 beberapa saat yang lalu, dan kerennya lagi telah mendapatkan keuntungan net sebesar $15.5 miliar, atau sekitar 225 miliar jika dirupiahkan. Keuntungan total dari Windows meningkat tajam, terutama untuk divisi gamenya, dan kerennya lagi adalah untuk game Minecraft terutama untuk para modders nya yang berhasil mengambil keuntungan lebih dari 350 juta dollar total.

CEO Minecraft Satya Nadella mengatakan di Microsoft hari ini bahwa, Creators telah mendapatkan lebih dari $350 juta dollar karena secara keseluruhan telah di download lebih dari 1 miliar orang. Mods tersebut cukup menarik karena bisa memberikan pengalaman baru di dalam game

Walaupun begitu, Nadella sendiri belum memberikan detail terkait dengan sales tiap – tiap mods tersebut, dan mungkin ini hanya berupa total sales dari seluruh komunitas modder tersebut. Jadi setiap modders mungkin tidak mendapatkan keuntungan sebesar itu. Sebelumnya, Microsoft mengatakan akan memberikan 50% lebih keuntungan mereka untuk para creator mods tersebut, dan mengambil sedikit keuntungan di kantong mereka.

Menurut Nadella, Marketplace untuk Minecraft sendiri telah menjadi template untuk mengembangkan game game yang sukses kedepannya di Microsoft, dan selama sebuah game bisa mengembangkan dirinya sendiri, dan Microsoft ingin membangun alat untuk mempermudah creator untuk menjual kreasinya atau karyanya di platform mereka.

Setiap bulannya, Minecraft memiliki lebih dari 140 juta orang pemain dengan 30% peningkatan setiap tahunnya, dan game ini menjadi satu dari platform yang sangat bagus untuk membangun ekonomi baru. Sebelumnya mereka telah membangun marketplace di Flight Simulator, dan telah bisa membuat partners yang bisa menjual konten yang ada, secara langsung di dalamnya. Secara keseluruhan, pendapatan dari industri gaming Microsoft meningkat sebanyak $1.2 juta atau sekitar 50% di Q3 nya.

Minecraft sendiri merupakan game sandbox dimana pemain bisa bebas membangun dan mengeksplore dunia kotak – kotak tersebut. Minecraft dikembangkn untuk beragam platform seperti Android, iOS, PC, Xbox, PS, dan Switch.


Baca lagi artikel menarik lainnya dari penulis kita Jay, dan artikel lain seputaran game Mobile! Tertarik melakukan kerjasama? Kontak kita di [email protected]

Avatar

Written by Jay