Beri Review Buruk, MSI Berusaha Suap Reviewer Berikut

Msi Bravo 15 Laptop
MSI mencoba untuk suap reviewer karena review produknya.

Review produk entah gadget maupun video game merupakan sesuatu yang sangat penting bagi mereka yang ingin menimangnya. Hal ini karena mereka perlu mempertimbangkan apakah produk tersebut perlu mereka beli atau tidak sesuai dengan minat dan kebutuhannya. Para reviewer pada umumnya akan diberikan review unit atau game gratis dari pihak yang ingin mempromosikan produknya.

Mereka umumnya tidak akan mempermasalahkan apakah produknya direview buruk atau baik. Namun siapa sangka perusahaan sekaliber MSI bisa melakukan hal yang seharusnya tak dilakukan pada reviewer berikut.

Ini menimpa seorang YouTuber kecil bernama TechTeamGB yang mengaku bahwa MSI mencoba menyuapnya setelah ia memberikan review buruk pada laptop MSI Bravo 15. TechTeamGB mengaku bahwa laptop tersebut miliki banyak sekali fitur yang mengecewakan. Mulai dari display, pengaturan thermal yang buruk, dan trackpad (mouse sentuh) yang miliki kualitas tidak karuan.

Sebelum mempostingnya, ia menyerahkan review tersebut pada MSI agar mereka mengecek unit serupa miliknya. Semua demi memastikan agar unit yang TechTeamGB terima bukan unit yang cacat pabrik. Namun, siapa yang menduga bahwa MSI justru mencoba untuk menyuapnya agar tak memposting review tersebut.

Menolak melakukannya, TechTeamGB mengaku kembali dihubungi pihak MSI agar mereka menghapus kata “mengecewakan” dalam judul videonya, namun ditolak mentah-mentah oleh mereka. Tak menyerah, MSI meminta bantuan AMD untuk lakukan take-down video tersebut, beruntung AMD membela TechTeamGB dan mengatakan bahwa kesalahan terjadi pada laptopnya dan bukan reviewernya.

Mengetahui hal tersebut, channel besar seperti HardwareUnboxed dan Linus Tech Tips menawarkan bantuan mereka apabila MSI mencoba untuk menggugat secara hukum pada TechTeamGB.

Sayangnya hingga tulisan ini turun, belum ada kejelasan secara publik dari pihak MSI terkait kasus  yang dialami oleh TechTeamGB tersebut.


Baca lebih lanjut tentang MSI, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version