Tidak semua orang miliki akses internet kabel, maka terkadang beberapa gamer manfaatkan data mobile untuk mainkan game favorit mereka. Namun yang namanya data mobile, mayoritas diantaranya dibatasi oleh kuota. Tentu menjadi pertanyaan besar akan seberapa banyak data yang dikuras oleh suatu game saat dimainkan online.
Lewat artikel dari WhistleOut (via Kotaku), didapatkan perhitungan rata-rata akan seberapa banyak data yang diambil oleh 22 game online populer setiap jamnya. Dari 22 game yang disediakan, Destiny 2 menjadi game paling “boros” dengan 300 mb data dikuras per jam. CS:GO menyusul dengan 250mb/jam dan Overwatch dengan 135mb/jam.
Title | Data Per Hour |
---|---|
Fortnite data usage | 100MB |
PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) data usage | 40MB |
Dota 2 data usage | 120MB |
Counter-Strike: Global Offensive data usage | 250MB |
Team Fortress 2 data usage | 80MB |
Call of Duty: World War II data usage | 40MB |
Call of Duty: Black Ops 4 data usage | 80MB |
Overwatch data usage | 135MB |
Battlefield V data usage | 100MB |
World of Warcraft data usage | 40MB |
Monster Hunter: World data usage | 30MB |
Destiny 2 data usage | 300MB |
League of Legends data usage | 45MB |
Warframe data usage | 115MB |
Grand Theft Auto V Online data usage | 60MB |
Rainbow Six Siege data usage | 70MB |
Rocket League data usage | 40MB |
Hearthstone data usage | 3MB |
Minecraft data usage | 40MB |
Teamfight Tactics data usage | 60MB |
Final Fantasy XIV data usage | 20MB |
Sea of Thieves data usage | 30MB |
Data di atas tidak termasuk voice chat dengan aplikasi third-party seperti Discord. Apabila kamu bermain game di atas bersama temanmu via voice chat, besar data yang diunduh tentu akan jauh berbeda.