Berikut Bocoran Render Socket AM5 Serta Fitur untuk Processor AMD Ryzen 7000 Series

ezgif.com gif maker 26

Bukan menjadi sebuah rahasia lagi pada acara CES 2022 kemarin, AMD  telah memberikan segudang kejutan bagi para penggiat teknologi terutama para fansnya. Mulai dari hadirnya processor AMD Ryzen 6000 series untuk jajaran laptop, GPU Radeon RX 6500XT, AMD Ryzen 7 5800X3D, dan jajaran processor teranyar mereka yakni AMD 7000 series. 

Tidak hanya memberikan sebuah kejutan besar berupa munculnya processor AMD Ryzen 7000 series, AMD juga mengumumkan mereka akan menggunakan platform terbaru yakni AM5 dengan penggunaan socket LGA seperti kubu biru.

Ketika AMD mengumumkan kehadiran motherboard dengan socket AM5 mereka, serta menjelaskan spesifikasi singkat yang akan digunakan pada motherboard tersebut. Sayangnya AMD tidak memperlihatkan secara resmi bentuk socket AM5 mereka secara fisik, melainkan hanya mempresentasikannya saja.

Namun sepertinya bagi para fans yang penasaran akan bagaimana mekanisme socket AM5 bekerja, Videocardz telah mendapatkan sebuah foto render dari Igor’sLAB yang memperlihatkan mekanisme socket AM5 bekerja.

Sumber: Videocardz
Sumber: Videocardz

Berdasarkan informasi yang Videocardz dapatkan, mekanisme socket AM5 ini bekerja mirip seperti socket yang biasanya Intel gunakan. Yakni dengan menggunakan suatu tuas yang membantu menekan processor AMD.

Walau terdengar seperti suatu mekanisme yang “biasa” saja, nampaknya AMD mendengar keluhan para pengguna processor AMD generasi sebelumnya. Yakni dengan menghadirkan semacam “dudukan AM4” agar bisa menggunakan kembali CPU cooler yang sebelumnya didesain untuk socket AM4.

Jadi para gamer yang sudah memiliki aftermarket cooling dari sejumlah brand ternama untuk AMD Ryzen, tidak perlu khawatir harus membeli sebuah CPU cooler yang didesain untuk socket AM5.


Baca lebih lanjut tentang AMD, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Daffa Dhiya. For press release and further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com

Exit mobile version