Berikut Jumlah Akun yang Dibanned di Call of Duty: Modern Warfare Sejak Rilis

in , , ,
Berapa akun yang telah mereka tendang selamanya dari gamenya?

Bermain curang dalam video game memang sah-sah saja selama game yang dimainkan adalah single-player. Namun tindakan tersebut akan menjadi sebuah tindakan “kriminal digital” apabila dilakukan di multiplayer online. Banyak developer dan publisher telah ancam dengan hukuman banned permanen baik akun, IP address, maupun hardwarenya. Tak sedikit pula mereka layangkan ancaman jalur hukum untuk para pembuatnya.

Tindakan curang atau bahasa kerennya disebut cheat/hacking tersebut sejatinya memang paling sering terjadi di game shooter yang dirilis di PC. Salah satu yang sering menjadi langganannya adalah Call of Duty: Modern Warfare.

Sejak perilisannya tahun lalu, Call of Duty: Modern Warfare selalu kedatangan cheater di mode multiplayernya. Jumlahnya meningkat sejak Infinity Ward dan Activision memutuskan untuk membuat mode Warzone, yang digratiskan untuk semua player.

Infinity Ward dan Activision telah lakukan banned permanen semua akun player nakal tersebut. Activision bahkan lakukan cara yang lebih ekstrim, yakni layangkan tuntutan hukum kepada para pembuatnya langsung. Meskipun masih terdapat berbagai masalah, namun komunitasnya yakin mereka melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

Tentunya, banyak yang penasaran sudah berapa akun yang telah mereka hukum untuk tindakan curang mereka tersebut. Kabar baiknya, Infinity Ward akhirnya membuka suara.

Melalui akun Twitternya, Infinity Ward jelaskan bahwa mereka telah banned lebih dari 200,000 akun sejak Call of Duty: Modern Warfare dirilis. Meskipun semua player mungkin tak merasakan efeknya secara langsung, namun banyak dari mereka yang menyadari bahwa pihak developer telah berusaha keras jatuhi hukuman tersebut.

Infinity Ward kemudian melanjutkan bahwa mereka akan terus meningkatkan proteksi gamenya dari dalam. Mereka takkan memaafkan siapapun yang gunakan software cheat dalam gamenya.

Sayangnya, masih banyak fans yang kecewa dengan jumlah tersebut. Melalui forum reddit, seseorang mengecewakan jumlah akun yang dibanned cukup sedikit dari keseluruhan jumlah player yang sempat digembar-gemborkan, yakni sekitar 75 juta player sejak Agustus 2020 yang lalu.

Meskipun begitu, beberapa juga mendukung tindakan tersebut meskipun jumlahnya tidak seberapa. Mereka yakin bahwa Activision dan Infinity Ward telah melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

Call of Duty: Modern Warfare saat ini sudah bisa dimainkan di PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Gamenya miliki sistem crossplay yang mungkinkanmu untuk memainkannya di server yang sama dari platform yang berbeda. Kamu yang penasaran bisa membaca detilnya melalui review kami.

Sementara kamu yang enggan dan masih ragu untuk mendownload mode battle royalenya karena ukurannya yang sangat besar, maka kamu bisa membaca review kami untuk tahu seperti apa game gratis dengan kualitas AAA tersebut.


Baca lebih lanjut tentang Call of Duty: Modern Warfare, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]