Berikut Wujud Versi Upscale FMV Command and Conquer Remastered

in ,
Mereka terpaksa lakukan upscale.

Command and Conquer merupakan salah satu game PC yang sangat dicintai oleh para fansnya. Ia menjadi salah satu dasar dan revolusi genre Real Time Strategy hingga detik ini oleh tangan dingin Westwood Studios. Dengan diumumkannya versi remaster satu tahun yang lalu, tentunya banyak fans yang bertanya bagaimana mereka bisa memperbaiki FMV (Full Motion Video) yang dulu sempat dimasukkan dalam gamenya.

Jim Vessella selaku produser Command and Conquer Remastered menjelaskan kesulitannya dalam mengembalikan FMV tersebut. Ia mencari aset lawas dari Westwood (kini Petroglyph) dan tak menemukannya karena mereka tak memilikinya lagi. Namun Victory Games yang dulu sempat mengerjakan gamenya memilikinya. Sayang, mereka membuang semua asetnya dengan menyerahkannya pada EA Los Angeles.

Beruntung, kenalan Jim yang bekerja di EA Los Angeles tak segera membuangnya dan menyimpannya dalam gudang. Jim kemudian bertolak ke gudang dan mengambil video lawas yang telah ia sortir. Ia kemudian mengirimkannya ke tempatnya dan mencari siapapun yang bisa mengubah video tersebut dalam file digital.

Setelah ia berhasil mengubahnya, Jim menemukan bahwa kualitas format video yang ada justru versi yang lebih buruk dibanding versi gamenya. Ia kemudian meminta bantuan para komunitas untuk membantu mereka melakukan upscale videonya dengan AI, agar gambarnya tak terlihat penuh pixel kasar.


Hasilnya? Kamu bisa melihatnya di menit 11 video di atas. Meskipun tak terlihat modern, namun akting pemeran karakter yang tak bisa digantikan oleh siapapun tersebut jauh lebih baik dibanding versi orisinalnya yang penuh pixel kasar.

Video yang mereka ambil adalah versi console dari Command & Conquer karena versi tersebut menggunakan format video MPEG dibanding VQA untuk versi PCnya. Ini berarti beberapa adegan yang hadir secara eksklusif di versi consolenya akan masuk menjadi remaster.

Jim juga menjelaskan bahwa ia menemukan video behind the scene berdurasi 4 jam yang pada akhirnya tak masuk dalam gamenya. Tak ada yang mengetahui video tersebut selain Westwood Studios dan orang-orang yang mengerjakan gamenya. Ia berencana untuk menambahkannya di Bonus Gallery yang bisa dibuka setelah menyelesaikan misi.

Hingga detik ini, Command & Conquer Remaster dan Red Alert Remaster masih dalam tahap pengembangan. Jim hanya bisa berjanji bahwa mereka akan mengumumkan updatenya setiap hari senin (selasa waktu Asia) melalui reddit.


Baca lebih lanjut tentang command and conquer, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Weird and have passive ability to easily forgotten by people. Multi-platform gamer with PC as his main platform while PlayStation in the second. RPG, MMORPG (any nation), JRPG (JP, EN), FPS, TPS are his main courses. Moving forward, not backward, and evolving without too long dwelling to the past. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).