Berkaca Dari Apex Legends, Sudah Saatnya Overwatch Jadi Game Free-to-play. Inilah 3 Alasannya


Jika kamu adalah salah satu penonton setia platform streaming Twitch.com, pasti sudah tidak asing lagi dengan 10 daftar game paling sering dimainkan oleh para streamer disana. Ya, 10 daftar tersebut meliputi Fortnite, League Of Legends, Dota 2, Counter Strike, dan PUBG yang selalu menempati posisi teratas.

Tapi baru-baru ini hadir sebuah gebrakan baru yang dilakukan oleh EA dan Respawn Entertainment dengan meluncurkan game bergenre battle royale seru yang diberi nama Apex Legends. Game free-to-play yang sangat bersahabat dengan hampir sebagian besar gamer terutama para low-spec gamer, seketika itu juga melejitkan namanya seperti roket dan membawanya setara dengan game-game kelas atas lainnya.

Berkaca pada model bisnis yang dipraktekkan oleh game-game gratis, dikombinasikan dengan desain game yang memukau sekaligus memanjakan mata dan menyajikan pertarungan yang seru, Apex dengan cepat menjadi shooter online yang wajib dimainkan dengan banyak penonton dan pemirsa online. Seminggu setelah peluncurannya, bahkan diadakan turnamen e-sport pertama.

Selain menjadi pelajaran bagi industri game yang lebih luas tentang pengembangan game itu sendiri, bagi perusahaan yang tidak mau mengambil resiko untuk memasuki genre baru, Apex juga merupakan contoh yang baik tentang bagaimana game tertentu dapat menjadi bahan bakar tambahan ke dunia e-sport dan benar-benar mempercepat pertumbuhannya, yaitu Blizzard Overwatch.

Tidak, saya tidak mengatakan Overwatch harus menambahkan mode battle royale (walaupun bayangkan betapa menyenangkannya itu nanti). Tetapi game ini harus benar-benar dimainkan secara gratis dan inilah alasannya.

 

1. ‘Overwatch’ Harus Berani Melirik Genre Battle Royale Dan Meminjam Model Free-to-play-nya

Menjelang musim kedua dari ‘Overwatch League’, game bergenre tactical shooter besutan Blizzard ini dibangun dengan euforia e-sport yang saat ini menempati posisi ke-17 di Twitch, dengan hanya memiliki di bawah 17.000 penonton. Angka ini bahkan kurang dari jumlah penonton yang dimiliki oleh RuneScape dan Civilization VI.

Tapi jika ada game lain yang mungkin menyenangkan untuk ditonton, dan mengalami setidaknya sedikit peningkatan popularitas menjelang acara e-sport besar, mungkin saja Overwatch bakal tergeser dari posisinya saat ini. Mengingat Blizzard telah menuangkan sumber da