Berkat Apple Watch, Seorang Pria Selamat Setelah Terjatuh Dari Ketinggian

70755200 10214583633574768 5015759058485903360 n e1569192200182

Seorang pria dilaporkan selamat setelah dia terjatuh dari ketinggian saat bersepeda di gunung dikawasan Riverside State Park pada 20 September lalu. Pria malang itu bernama Bob Bourdet yang sedang olahraga sepeda gunung (MTB) namun terjatuh dan selamat berkat Apple Watch yang memberikan sinyal SOS pada 911 dan emergency contact dan memberitahu lokasi dia berada.

Kisah ini pertama kali dibagikan oleh putranya yaitu Gabe Burdett, pada saat itu dia menceritakan jika dia dan ayahnya sudah berjanjian untuk olahraga sepeda gunung bersama di kawasan Reverside State Park pada 20 September lalu.

Namun sebelum anaknya datang, Bob mencoba untuk bersepeda sendiri. Na’as dia malah terjatuh dari sepedanya dan terguling hingga kepalanya terbentur oleh sepedanya sendiri hingga tak sadar ditengah hutan.

Beruntungnya, ayahnya memakai sebuah Apple Watch yang mendeteksi benturan ini dan dengan singap memberi sinyal SOS kepada 911 dan keluarga terdekatnya. Apple Watch tersebut memberikan sebuah pesan SOS berupa lokasi dimana dia jatuh.

Setelah mendapatkan pesan tersebut, tak sampai setengah jam paramedis dengan sigap menyelamatkan Bob dan mengirimnya kesebuah rumah sakit terdekat untuk menerima perawatan. Setelah dilakukan CT scan dan X-ray dia dinyatakan tak mengalami benturan yang berarti.

“Jika kamu mempunyai Apple Watch, atur deteksi HARD FALL kamu ,itu tidak hanya terjadi ketika kamu  jatuh dari atap atau tangga. Seandainya dia jatuh di suatu tempat di jalur Berkendara Tinggi atau daerah terpencil lain, lokasi itu akan memberi petunjuk Emergency Medical Service(EMS) di mana menemukannya. Teknologi luar biasa dan sangat senang dia memilikinya!”

Fitur tersebut saat ini sudah mulai diterapkan pada Apple Watch seri 4 dan 5. Dengan itu, Apple Watch akan mendeteksi saat kamu terjatuh dan menampilkan prompt untuk memanggil layanan darurat. Jika tidak mendeteksi gerakan, misalnya jika orang tersebut tidak sadar, smartwatch itu kemudian akan memanggil layanan darurat dan memberi tahu kontak daruratmu untuk A\kamu, serta mengirimkan lokasi kamu ke semua orang.

Walau perlu dihidupkan secara manual, jika kamu memiliki Apple Watch Seri 4 atau Seri 5, pastikan kamu menyalakannya.

 


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

 

Exit mobile version