Berkenalan dengan UFS 4.0, Standar Teknologi Baru yang Lebih Wah

Samsung Ufs 40

Tidak ada yang kekal abadi, termasuk teknologi rasanya adalah ungkapan yang tepat untuk standar teknologi terbaru yang akan diimplementasikan ini. Sebagaimana yang kita ketahui, Universal Flash Storage (UFS) adalah standar kekinian yang kerap digunakan pada elektronik, umumnya smartphone.

Meski sudah dibekali embel-embel ‘kekinian’, namun tampaknya akan masih kalah dengan inovasi manusia yang tiada hentinya. Adalah Samsung, raksasa teknologi dari Korea yang telah kembangkan standar teknologi terbaru yang siap untuk gantikan UFS 3.1.

Informasi terkait hal tersebut bisa brott semua lihat pada cuitan resminya di bawah ini.

Sumber: Twitter

“PENGUMUMAN: Samsung tengah kembangkan solusi Universal Flash Storage (UFS) 4.0 dengan kemampuan melebihi generasi sebelumnya, dan telah disetujui pihak JEDEC.”

Tentunya akan sangat menarik untuk berkenalan dengan teknologi UFS 4.0 yang diklaim tawarkan bermacam kelebihan yang tak dimiliki generasi sebelumnya. Yuk, kita simak pelan-pelan di bawah ini, brott!

UFS 4.0 Tawarkan Bermacam Kelebihan

Rasanya boleh katakan bahwa sebenarnya teknologi UFS 3.1 yang ada saat ini sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan tak menuntut. Namun, yang namanya manusia, tentu haus akan inovasi dan kerap menuntut sesuatu yang lebih baik dari yang ada saat ini. Boleh dikatakan bahwa teknologi UFS 4.0 bakal jadi standar next-gen dalam waktu dekat ini.

Bila brott semua penasaran komparasi kemampuan teknologi UFS 4.0 ini dengan UFS 3.1, lihatlah tabel di bawah ini.

UFS 4.0UFS 3.1
Memiliki kecepatan maksimal 23.2GbpsTawarkan kecepatan sampai dengan 11.6Gbps
Kemampuan read sampai dengan 4.200MbpsKemampuan read sampai dengan 2.100Mbps
Kecepatan write sampai dengan 2.800MbpsKecepatan write sampai dengan 1.200Mbps
Kapasitas sampai dengan 1TBTawarkan kapasitas sampai dengan 1TB
Diklaim lebih hemat daya 50% ketimbang generasi sebelumnyaDirasa kurang efisien untuk zaman now

Boleh dikatakan bahwa teknologi terbaru dari Samsung ini tawarkan kemampuan dua kali lipat ketimbang generasi sebelumnya. Tidak hanya tawarkan kecepatan yang lebih ngebut, standar teknologi ini bahkan digoda akan lebih hemat daya.

Dengan kemampuan yang lebih ‘wah’, kami merasa bahwa teknologi ini akan benar-benar hilangkan eksistensi dari Embedded Multi Media Controller (eMMC).

Dikabarkan akan sambangi pada akhir tahun ini, namun tampaknya untuk dapat nikmati teknologi baru ini, tak tutup kemungkinan akan tersedia secara global pada 2023.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version