Bersiap! Intel Alder Lake Sebentar Lagi Akan Rilis Secara Resmi

Intel Alder Lake

Berdasarkan informasi yang dirangkum dari Wccftech, Intel Generasi Ke-12 Alder Lake termasuk motherboard dengan chipset Z690 akan rilis secara resmi. Dikatakan bahwa sang raksasa biru tidak hanya sekedar memberikan Instruction Per Clock (IPC), namun termasuk desain chip yang akan menjadi standar terbaru.

Pre-Launch Pada Bulan Oktober

Pada bulan Oktober mendatang, Intel berencana akan memberikan pengumuman pre-launch terhadap prosesor teranyar mereka. Mulai dari harga, spesifikasi, termasuk performa akan ditampilkan pada Innovation Event yang akan digelar pada 27 dan 28 Oktober mendatang.

Prosesor Intel Generasi Ke-12 yang menggunakan soket LGA1700 ini akan dirilis secara perlahan mulai dari varian ‘K’ dan ‘Non-K’. Bahkan, menurut salah satu sumber Wccftech, termasuk motherboard Z690 akan tersedia secara umum mulai 19 November mendatang.

Perilisan yang digadangkan akan menjadi peluncuran terbesar Chipzilla untuk tahun ini diperkirakan akan menarik banyak minat para enthusiast. Hal ini diperkuat bahwa Intel Generasi Ke-12 ini mulai menerapkan memori DDR5 sebagai standar terbaru.

Prosesor Desktop Dengan Arsitektur Hybrid

Meski ini bukan pertama kalinya pihak Intel merilis prosesor x86 dengan arsitektur hybrid, namun prosesor teranyar dari Intel ini telah diberikan optimasi sedemikian rupa. Sebelumnya, Intel Lakefield adalah yang pertama diberikan pendekatan arsitektur hybrid ini, namun masih terbatas pada laptop.

Sedangkan Intel Alder Lake berfokus pada platform desktop, dan akan diberi core optimizations untuk menyesuaikan dengan Windows 11. Selain itu, Intel Generasi Ke-12 ini akan menjadi sebuah inovasi untuk prosesor yang akan dikembangkan mendatang.

Dengan menggunakan arsitektur hybrid ini, Intel dapat meningkatkan kemampuan dari seluruh core dan thread pada prosesor. Selain itu, prosesor Intel Generasi Ke-12 ini akan menjadi prosesor pertama yang mendukung memori DDR5 dengan kecepatan hingga 4800MHz.

Sedangkan chipset yang tersedia mulai dari H610, H670, dan B650 untuk pasar mainstream. Namun, beredar informasi bahwa yang mendukung DDR5 hanyalah motherboard dengan chipset Z690.

Itulah informasi terkait Intel Generasi Ke-12 yang akan datang dalam waktu dekat. Dengan teknologi terbaru tersebut, kira-kira kamu bakal tertarik untuk membelinya gak, brott?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version