Besaran RAM Ideal untuk Komputer atau Laptop di Tahun 2022

Besaran Ram Ideal

Tahun 2022 tampaknya adalah tahun yang cukup sulit untuk mereka-mereka yang ingin rakit komputer atau beli laptop impian. Berkat standar spesifikasi zaman now yang tentu berubah, tentu imbasnya ke Besaran RAM Ideal demi jamin kenikmatan komputasi.

Meski terdengar sedikit bias, namun hal tersebut ada benarnya, terlebih bila kamu adalah pecinta dunia teknologi. Entah didasari tuntutan dari persyaratan sistem operasi atau satu dua hal lainnya, kami rasa hal tersebut cukup lumrah.

Ditambah fakta bahwa dewasa ini komputer tak hanya digunakan untuk sekedar office, tegaskan bahwa ada standar kekinian supaya pengalaman maksimal.

Inilah Besaran RAM Ideal untuk komputer atau laptop tahun ini, versi kami.

Disclaimer:

Bahasan kali ini cukup bias, namun tidak ada salahnya membaca bahasan ringan ini demi perluas referensi beberapa waktu ke depan supaya perangkatmu tetap relevan.

Besaran RAM Ideal untuk Perangkat Windows

Sebelumnya kami pernah membahas Besaran RAM Ideal pada artikel kami di mana Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now terbentuk. RAM, atau Random Access Memory miliki tugas untuk menyimpan data secara sementara, demi percepat transfer data pada komputer atau laptop.

Berdasarkan bahasan yang telah kami buat secara detil di atas, Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now ini tak melulu kira-kira 8GB. Selain jalankan sistem operasi, RAM akan digunakan untuk jalankan aplikasi lain, video edit misalkan, jadikan RAM 8GB tak serta-merta jadi standar terendah.

Ditambah bila kita cukup aktif jalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, livestream misalkan, tentu akan penuhi RAM dengan cepat.

Bahkan bila melihat spesifikasi minimal dari sistem operasi Windows 10 dan Windows 11, penekanan miliki RAM 4GB rasanya sudah tak masuk akal. Belum aneka aplikasi yang haus akan memory, RAM 4GB rasanya tak relevan di zaman now, apalagi RAM 8GB untuk multitask.

Alasan di mana kita tak gunakan banyak aplikasi di saat yang sama rasanya juga tak relevan. Termasuk di antaranya update pada sistem operasi, tentu berimbas pada kapasitas memory yang ada. Inilah betapa berartinya Besaran RAM Ideal di zaman now, minimalisir sesal di kemudian hari.

Windows Defender misalkan, yang tentu butuhkan alokasi RAM yang tentunya tak kecil ketika jalankan pemindaian virus secara real-time.

Menariknya, tidak hanya Windows Defender yang boleh kamu tuduh selaku dalang di balik semua masalah yang ada. Contoh lainnya ialah browser semacam Google Chrome dan Mozilla Firefox yang dahulu kala kedapatan ‘makan’ RAM dalam jumlah yang tak masuk akal.

RAM 8GB Masih Cocok untuk Rumahan

Kendati demikian, kita selaku konsumen harus pandai memilah informasi di mana Besaran RAM Ideal pasti berbeda-beda tergantung pemakaian. Label ‘masih cocok untuk rumahan’ rasanya tak salah disematkan pada personal computer dengan besaran memory yang ‘pas-pasan’ tersebut.

Harus dicatat bahwa Besaran RAM Ideal di kisaran 8GB dirasa terlalu mepet untuk mereka yang gunakan prosesor dengan integrated graphics. Contohnya AMD Athlon dan Ryzen, atau Intel tanpa embel-embel ‘F’, yang mana kedua prosesor tersebut butuhkan alokasi RAM ‘lebih’ demi hasil maksimal.

Secara teknis, kedua prosesor di atas bisa memakan memory yang ada sampai dengan 16GB (bahkan lebih) meski tak terlalu disarankan. Idealnya, cukup alokasikan memory sebesar 128MB untuk integrated graphics, karena sistem dengan mudahnya alokasikan memory tambahan bila dibutuhkan.

Untuk referensi, penulis gunakan mini pc yang miliki RAM 16GB, namun hanya alokasikan memory 128MB supaya tak mubazir. Nge-game? Masih boleh diadu, karena bila game tersebut butuhkan memory lebih pun akan sedot memory yang ada secara instan.

Lain halnya dengan laptop, di mana opsi untuk upgrade bisa dikatakan terbatas, dan tak jarang paksa kita bawa perangkat ke service center supaya tak batalkan garansi. Memilih laptop ideal pun butuhkan referensi supaya tak sesal di kemudian hari.

RAM di bawah 8GB untuk laptop rasanya sudah tak relevan dengan zaman sama sekali. Meski ‘masih bisa’ jalankan beberapa aplikasi rumahan, namun ekspektasi berlebihan dengan RAM tersebut rasanya patut dievaluasi.

Besaran RAM Ideal di tahun 2022 tampaknya takkan kurang dari 8GB, bahkan ketika kita hanya gunakannya untuk rumahan. Artinya, inilah poin ekstra dari komputer rakitan ketimbang komputer built-up yang tentu pasti terasa.

Di sisi lain, meski komputer built-up nyata dibuat demi kemudahan, rasanya mereka harus naikkan jeroannya supaya relevan dengan zaman now. Di zaman now, bertahan dengan RAM 4GB rasanya tak masuk akal, bahkan dengan alasan budget mepet.

Dan sesuai yang kami bahas sebelumnya beberapa waktu lalu, banyak teman penulis yang sepakat bahwa standar memory terendah di zaman now haruslah di 16GB. Kalau ‘black is the new pink,’ tentu tak jauh beda dengan ‘16GB is the new 8GB.’


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version