Bethesda Hidupkan Kembali Sistem Mod Berbayar lewat Creation Club

Ada saat dimana Valve dan Bethesda perkenalkan sistem mod berbayar ke komunitas Skyrim, sistem ini menjadi kontroversial hingga Valve terpaksa membatalkan sistem tersebut beberapa hari selanjutnya. Tampaknya Bethesda tak mau ide tersebut musnah begitu saja.

Lewat E3 tahun ini, Bethesda umumkan program “Creation Club“, program yang memperbolehkan pemain untuk menghabiskan uang untuk mod buatan Bethesda serta modder yang terpilih. Program ini diterapkan untuk Fallout 4 dan Skyrim Special Edition. Pembayaran ini dilakukan dengan credits yang dapat dibeli lewat PSN, Xbox Live dan Steam. Credits ini dapat ditransfer dan dapat digunakan kedua game pada platform yang sama.



Hal ini tidak membuat seluruh mod akan jadi berbayar, mod tetap akan menjadi gratis seperti biasa dan modder bisa bagikan hasil mereka semau mereka. Mod-mod lama juga tidak diperbolehkan untuk diangkat ke Creation Club, semua konten harus orisinil dan baru..

Bicara soal orisini, konten yang dipilih oleh Bethesda untuk diangkat ke program ini hanyalah konten yang berkualitas tinggi sekaligus orisinil. Maka mod-mod yang berupa parody ataupun tribute untuk game lain tidak akan diangkat Bethesda mau sebagus apapun itu.

Bethesda ungkapkan apabila mereka telah meriset banyak cara untuk melakukan “mod berbayar” (via Eurogamer). Creation Club ini menjadi solusi untuk Bethesda untuk terus membawakan konten berkualitas kepada fans, namun diwaktu yang sama mengapresiasi karya-karya para komunitas modding yang kreatif dalam membuat konten berkualitas.

Apakah program baru Bethesda ini akan de javu seperti tahun 2014 kemarin? Kita tunggu saja.

Source: Eurogamer

 

 

Exit mobile version