Bethesda Diam-Diam Lepaskan Denuvo pada DOOM Lewat Patch Baru

547062ac367880544ad23b1c6c85db0b11a8dadf

Sebelumnya menjadi mimpi buruk bagi para cracker, Denuvo tampaknya mulai ditemukan titik kelemahannya oleh grup CPY yang telah berhasil membobol perlindungan software anti-tamper tersebut dalam beberapa bulan terakhir ini.

Berhasil dibobolnya beberapa game yang menggunakkan perlindungan ini membuat developer dari Inside yaitu Playdead memutuskan untuk melepas Denuvo lewat update. Dan kini Bethesda berserta id Software memutuskan untuk melakukan hal yang sama untuk game DOOM lewat update terbaru mereka.

Pelepasan Denuvo ini tidak disebutkan sama sekali pada patch note yang dirilis id Softwarem dan juga tak dijelaskan kenapa mereka melakukan hal demikian, akan tetapi beberapa pemain berhasil “menggali” keseluruhan file update terbaru dan menemukan bahwa perlindungan Denuvo sudah tak ada lagi.

Sebelum update
Sesudah update

Pada gambar diatas diperlihatkan bahwa DOOM kini hanya memiliki DRM Steam dan anti-tamper Denuvo tak lagi terdeteksi pada file DOOMx64.exe game tersebut.

Selain pelepasan perlindungan Denuvo, patch terbaru yang berukuran hingga 11 GB ini menambahkan banyak fitur untuk multiplayer serta Snapmap. Yang menjadi sorotan utama adalah penambahan Bots untuk multiplayer. Brott bisa baca patch note selengkapnya disini.

Apakah pendapat brott soal pelepasan Denuvo di DOOM ini? Apakah ini membuktikan bahwa Denuvo tak seampuh yang kita kita sebelumnya? Atau apakah Denuvo nantinya akan melawan balik?

Exit mobile version