Bethesda Sengaja Umumkan The Elder Scrolls VI Terlalu Awal untuk “Tenangkan” Fans

in , , ,

Salah satu momen terbaik pada E3 tahun ini adalah saat The Elder Scolls VI resmi diumumkan oleh Todd Howard setelah 7 tahun tak ada kabar dan Skyrim masih dirilis ulang untuk kesekian kalinya. Meskipun tak perlihatkan gameplay atau informasi apapun selain dari game tersebut resmi dalam proses pengembangan, fans tetap terlihat gembira melihat franchise kesayangan mereka dapatkan sekuel baru. Game ini dikonfirmasi oleh Bethesda masih dalam tahap pre-production, apabila memang masih dalam tahap seawal itu, mengapa Bethesda terlalu terburu-buru umumkan game ini?

Pete Hines, vice president of marketing dari Bethesda pada tahun lalu telah umumkan kepada fans apabila The Elder Scrolls VI akan butuh waktu lama untuk dikerjakan karena Bethesda tengah sibuk kerjakan 3 game besar yang dimana salah satunya adalah Starfield – game lain yang telah diumumkan Bethesda pada tahun ini. Melihat fans terus pertanyakan dimana The Elder Scrolls VI, Pete Hines putuskan kepada tim developer untuk umumkan saja jika mereka tidak lupa dengan game tersebut, hanya saja mereka masih ada proyek besar lain yang tengah mereka kerjakan saat ini.

Beberapa tahun yang lalu, saya berbicara dengan Todd Howard tentang cara menjelaskan kepada semua orang jika TES6 tidak akan jadi game selanjutnya dari kami, dan kita masih punya 2 game besar yang ingin diselesaikan terlebih dahulu. Kami telah umumkan hal tersebut beberapa tahun yang lalu, tetapi kami masih merahasiakan apa 2 game yang tengah dikerjakan ini.

Maka kami membuka berkumpul bersama dia (Todd) dan orang-orang yang ada di tim kami dan bertanya, kenapa kita tidak umumkan semacam roadmap dari studio ini untuk menjelaskan kepada orang jika, “Ini dia yang tengah kami kerjakan saat ini – ya, kami sibuk kerjakan game bernama Starfield dan ini dia gamenya, dan ya, kami akan membuat The Elder Scrolls 6 selanjutnya, tetapi kami punya dua game lain yang harus kami selesaikan terlebih dahulu.” Hal ini dilakukan agar fans bisa dapatkan gambaran sedikit akan dimana kami sekarang dan dimana fokus kami saat ini.

Selain untuk sekedar memberi tahu fans jika The Elder Scrolls VI tidak dilupakan oleh Bethesda, pengumuman dari game tersebut juga miliki satu tujuan lain. Pete Hines ungkapkan jika dia dan seluruh yang ada di tim Bethesda tahu jika gamer sedikit “khawatir” akan Fallout 76 yang dimana sebelum E3 sudah dirumorkan akan fokus pada multiplayer dan survival ala game Rust. Melihat Bethesda dipandang sebagai salah satu studio AAA yang setia dengan game single-player dan Fallout telah dicintai fans sebagai game single-player, tentunya wajar baginya jika fans akan kecewa dengan direksi baru ini. Pengumuman The Elder Scrolls VI ini seakan menjadi obat penenang untuk fans apabila mereka tidak akan ikut ke jalan studio AAA lain yang lebih pedulikan game online.

Pengumuman ini juga dilakukan untuk membujuk fans jika ini tidak akan menjadi sesuatu yang akan kami lakukan seterusnya. Kami tetap akan membuat game single-player untuk kedepannya, dan ya, kita akan dapatkan The Elder Scrolls VI nanti.

The Elder Scrolls belum dapatkan tanggal rilis sama sekali untuk saat ini, namun tanggal rilis telah ditargetkan oleh tim developer dan untuk saat ini akan dirahasikan oleh Todd Howard dan timnya. Di sisi lain, Fallout 76 akan hadir pada 14 November mendatang, dan apakah percobaan pertama Bethesda dalam game online ini akan berhasil? Kita tunggu saja nanti.

Source: PCgamer

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.