Bethesda Siap Polisikan Reseller Tak Resmi Yang Menggunakan Kata “Baru” Dalam Menjual Dagangan Mereka

in , , ,

Mungkin  bagi kebanyakan orang menjual barang pribadi merupakan hal yang sangat lumrah dilakukan. Namun bagi perusahaan besar seperti Bethesda hal tersebut tidaklah demikian. Dilansir dari berita Polygon, Bethesda baru-baru ini melayangkan surat berisi permintaan penghapusan produk kepada seorang reseller dari Amazon yang mengkategorikan The Evil Within 2 miliknya sebagai produk “Baru”.

Langkah hukum ini ditempuh melalui perusahaan perwakilan Bethesda bernama Vorys, dengan melayangkan surat kepada salah satu reseller tak resmi bernama Ryan Hupp, dengan claim bahwa tindakannya tersebut tak sesuai dengan hukum.

Pembelaan Bethesda

Melalui wawancara Pete Hines selaku senior vice president of marketing and communications dengan EuroGamer, “Ia tidak berusaha menjual produk bekas, namun ia berusaha menjual game baru,” kata dia “Dia me-list produk tersebut layaknya barang baru. Yang coba kita katakan adalah jika barang tersebut adalah barang bekas, kalian harus menjualnya layaknya barang bekas – kalian tak bisa mengaku bahwa barang tersebut adalah baru karena kami dari Bethesda tidak bisa memastikan bahwa yang kalian jual itu memang betul baru” tambahnya.

“Kalian bisa saja telah membukanya, memainkan game tersebut selama lima jam, mengambil apapun yang ada didalam sana, memasukannya lagi dalam segel plastik dan bilang ke orang lain – eh ini barang baru lo-.” Kata Pete Hines kepada EuroGamer.

Pete Hines juga menambahkan bahwa “Kami tak berusaha menghentikan siapapun untuk menjual game bekas mereka,” jawabnya kepada Eurogamer “Orang-orang menjual game bekas mereka dari dulu, kami paham dan kami tak akan berusaha menghentikan hal tersebut”.

Pete Hines juga menyebut bahwa Hupp bukanlah seorang distributor resmi maupun sebuah perusahaan layaknya GameStop atau Best Buy. Jika sang individu itu tak menghapus produk tersebut dari tokonya, maka Bethesda tak segan-segan memperkarakan masalah ini ke jalur hukum.

Klarifikasi Dari Penjual Terkait

Individu yang bernama Hupp dari Philadelpia tersebut telah mengkonfirmasi dan menceritakan bagaimana Bethesda memaksa dirinya menghapus produk The Evil Within 2 miliknya dari Amazon. Hupp mengaku bahwa ia memang membeli game tersebut namun tidak pernah membuka gamenya sama sekali atau dengan kata lain “segelan”, dikarenakan dirinya tidak jadi membeli PS4. Hal tersebut menurutnya sah karena penjualan produk seperti buku, video game, DVDs telah dilindungi oleh hukum First-sale Doctrine.

Vorys selaku perwakilan dari Bethesda menapik claim tersebut karena aturan First-sale Doctrine hanya berlaku untuk produk yang masih sama dengan produk asli sedangkan Vorys mengclaim bahwa produk milik Hupp tidak memiliki “garansi” sehingga beda dengan produk asli Bethesda.

Aturan Resmi Kondisi Barang Menurut Amazon dan Ebay

Calon korban lain

Jika kita melihat produk serupa yang tersebar di Ebay dan Amazon nampaknya tak hanya Hupp yang akan diperkarakan oleh perusahaan pengembang Fallout 3 ini. Namun sebenarnya bagaimana sih aturan dari Ebay dan juga Amazon mengenai pengkategorian barang/game baru.

Menurut Ebay, Baru adalah

New

A brand-new, unused, unopened, undamaged item in its original packaging (where packaging is applicable). Packaging should be the same as what is found in a retail store, unless the item is handmade or was packaged by the manufacturer in non-retail packaging, such as an unprinted box or plastic bag. See the seller’s listing for full details.

Dengan kata lain apabila barang tersebut masih tersegel, tidak rusak, tidak dipakai berarti produk tersebut terhitung baru.

Menurut Amazon, Baru adalah

New:

Just like it sounds. A brand-new, unused, unopened item in its original packaging, with all original packaging materials included. Original protective wrapping, if any, is intact. Original manufacturer’s warranty, if any, still applies, with warranty details included in the listing comments.

Hampir mirip dengan versi Ebay dimana barang harus, Baru, tidak dipakai, tidak dibuka dan masih menggunakan segel asli.

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person