Heboh Biaya Layanan Tokopedia Kembali Naik, Segini Besarannya!

Biaya Layanan Tokopedia Kembali Naik

Bukti ganasnya era digitalisasi tampaknya memang takkan terhindarkan, di mana salah satunya dibuktikan dengan heboh biaya layanan Tokopedia kembali naik, dengan besaran angka yang menurut kami cukup besar. Memangnya seberapa besar kenaikan biaya layanan di e-commerce satu ini?

Heboh Biaya Layanan Tokopedia Kembali Naik, Segini Besarannya!

Rangkuman penyesuaian biaya layanan di tahun 2024

Pada kuartal kedua tahun 2024 ini, biaya layanan Tokopedia kembali naik. Di mana berdasarkan pengumuman pada situs resminya, biaya layanan pada platform jual beli buatan anak bangsa tersebut ternyata terapkan kenaikan lumayan besar.

Berdasarkan tabel biaya layanan yang kami rangkum dari tahun-tahun sebelumnya yang dapat kalian baca di sini, langsung bahwa benar adanya biaya layanan Tokopedia kembali naik sekian persen. Di mana tertulis bahwa biaya layanan Tokopedia kembali naik ini akan efektif diberlakukan pada 1 Mei 2024.

Biaya layanan di Tokopedia yang kini semakin besar saja

Sebagai contoh, regular merchant yang menjual produk di kategori A yang pada tahun 2022 hanya dikenakan biaya layanan 2,5%, kini terpaksa harus dikenakan biaya layanan 6,5%, yang mana merupakan angka yang besar, terlebih yang dijual merupakan barang yang cukup mahal.

Contoh simulasi biaya layanan

Penulis coba bermain angka di sini, semisal barang yang harus dijual ada di kisaran IDR 1.000.000, artinya dengan adanya biaya layanan dan biaya free ongkir dipastikan harus menaikkan harga barang yang dijual ke angka IDR 1.075.000.

Bakal Semakin Memberatkan Seller?

Tabel biaya layanan 2022 (atas) dan 2023 (bawah)

Tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini merupakan salah satu imbas dari banyaknya toko online, yang kerap dikatakan tak harus membayar biaya operasional untuk berjualan.

Namun, dari kacamata penulis, hal ini tentu saja akan tetap memberatkan seller, dan pastinya akan membuat calon buyer dengan dana pas-pasan galau ketika harus membeli barang secara online. Hal ini diperparah dengan ‘dipaksanya’ regular merchant menjadi power merchant dengan biaya layanan yang lebih besar, dengan sejumlah ketentuan.

Terlebih bila barang yang ingin dibeli ternyata dilabeli harga yang lumayan mahal, RTX 4090 misalkan, tentunya mau tak mau seller harus kembali menyesuaikan harga supaya mereka tidak boncos, bukan?

Bagaiman dengan nasib seller yang menjual barang elektronik?

Walau memang biaya layanan Tokopedia kembali naik dan semakin mahal saja, tampaknya hal tersebut tertebus dengan jaminan keamanan platform yang digembar-gemborkan tak ada yang mampu sainginya. Entah benar atau tidak klaim tersebut, mending beli wishlist kalian sebelum harganya naik!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version