BIOS Bermasalah, Bisa Sampai Membuat Windows 10 dan 11 Terkena Blue Screen

Bios Bermasalah Intel Gen 13

Ada banyak sekali penyebab blue screen atau BSOD, mulai dari aplikasi sampai masalah inkompatibilitas pada memori. Kali ini, BIOS bermasalah tampaknya bisa membuat sistem operasi menjadi blue screen. Pertanyaannya, apa yang membuatnya bermasalah yah?

BIOS Bermasalah, Langsung Tampilkan Blue Screen

Hanya karena masalah di BIOS, user tidak bisa masuk ke Windows

Sebagaimana yang telah kami jelaskan sebelumnya di atas, ada banyak sekali penyebab blue screen. Namun, siapa sangka BIOS bermasalah ternyata juga mampu menyumbang blue screen pada komputer yang kita gunakan?

Melansir WindowsLatest, hal inilah yang menimpa beberapa user belum lama ini. Di mana pembaruan yang diluncurkan oleh Microsoft dengan nomor seri KB5029351 sempat dikambinghitamkan oleh para korban keganasan blue screen tersebut.

Padahal, pembaruan ini merupakan ‘Optional Cumulative Update’ yang menjanjikan penambahan fitur pada sistem operasi tersebut, bukan malah menambah masalah yang menambah beban pikiran user.

Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata bukan pembaruan dari Microsoft yang menjadi dalang utama di balik permasalahan tersebut. Ternyata, blue screen ini diakibatkan oleh masalah BIOS dari salah satu merk ternama, MSI dan ada kaitannya dengan prosesor Intel Core i9 Generasi ke-13.

Tidak bisa leluasa gunakan Intel Core i9-13900

Imbas dari masalah BIOS tersebut adalah blue screen dengan error code “UNSUPPORTED_PROCESSOR”, dan menghalangi user untuk dapat masuk ke dalam sistem operasi.

Jadi, user yang kebetulan gunakan motherboard MSI dan Windows 10 atau 11 setelah update terbarunya, dipastikan akan alami masalah blue screen ini. Tentunya, hal ini cukup menyebalkan bila terjadi terus-menerus tanpa solusi, yah setidaknya tidak separah masalah pemalsuan prosesor Intel Core i9-13900K belum lama ini.

MSI Sudah Turun Tangan Berikan Solusi

Beruntung, MSI kini sudah turun tangan memberikan solusi terkait BIOS bermasalah tersebut. Brand tersebut menjelaskan masalah tersebut terjadi saat user yang gunakan motherboard Z690 dan Z790 memperbarui sistem operasi mereka.

Tidak butuh lama, mereka meluncurkan sekumpulan pembaruan BIOS yang bisa digunakan pada motherboard yang terkena dampak dari blue screen tersebut.

Masih terbatas untuk beberapa jenis motherboard saja

Meski masih beberapa motherboard saja yang diberi pembaruan ini, brand tersebut menjamin akan menambah daftar motherboard yang akan diberi dukungan untuk mengatasi masalah blue screen yang menyebalkan tersebut paling lambat akhir bulan September ini.

Apakah kamu salah satu yang terdampak masalah ini, brott? Atau mungkin ada temanmu yang terkena masalah ini? Yuk, share komentar kalian di bawah!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version