Bioware Bantah Keras Hasil Pemberitaan Jurnalis Kotaku tentang Kegagalan Anthem

ANTHEM VGA Screens SH008 FINAL LOGO 16X9
Tuding bahwa pemberitaan tersebut Berdampak buruk ?

Baru-baru ini, seorang jurnalis senior Kotaku yang bernama Jason Schreier telah memposting sebuah kisah panjang dari bagaimanakah proses pengembangan game Anthem yang sebenarnya muncul di balik layar ? Bersumber langsung dari kesaksian yang diungkap oleh 19 orang developer Bioware yang sengaja tak diungkap identitasnya, apa yang telah ia tulis tersebut murni dapat dipertanggungjawabkan oleh dirinya sebagai sang penulis.

Intinya, Jason di sana menjelaskan banyaknya masalah yang menyelimuti pengembangan Anthem sebagai karya video game. Baik itu dimulai dari harus dipercepatnya proses pengerjaan game, pergantian kempimpinan tim, hingga yang menyangkut hal-hal teknis seperti engine Frostbite yang cukup sulit untuk dimanfaatkan. Semuanya itu pun sampai berujung pada meningkatnya rasa frustasi dan depresi yang ternyata sempat dialami oleh mereka. Segala detil rangkuman dalam versi bahasa Indonesianya sendiri bisa kalian baca melalui link berikut ini.

Tak lama setelah artikel yang dibuat oleh Jason Schreier tersebut mengemuka di publik, Bioware rupanya telah ikut merespon dengan melayangkan sebuah pernyataan khusus di situs blognya.


Mengungkapkan bahwa artikel yang telah ditulis Jason Schreier sama sekali tidaklah benar, Bioware menyebut bahwa mereka sudah sangat begitu menghormati sekaligus mendukung penuh seluruh personel yang sedang berjuang di sana. Mereka pun juga sangat peduli dengan kondisi kesehatan para karyawan dan selalu berupaya untuk menciptakan suasana lingkungan kerja yang baik nan aman, disamping juga mendengarkan beragam feedback-feedback yang telah disampaikan oleh para fans.

Menganggap seolah artikel ini terkesan menyalahkan secara sepihak sebagian anggota tim ataupun leader di studio Bioware, pihak Bioware tak mau ikut berbicara banyak dan langsung menuding bahwa artikel yang ditulis oleh Jason itu sama sekali tidak akan memberi dampak baik untuk perkembangan industri video game. Melihat respon yang tidak bersahabat tersebut, Jason terang-terangan mengaku kecewa dengan sikap acuh Bioware yang sudah menanggapi hasil tulisannya.

Dengan masih tetap kukuh merasa bahwa tidak ada masalah internal berat yang menghinggapi studio mereka, Bioware tetap punya tanggungan penting untuk bisa segera memperbaiki masalah-masalah perilisan game Anthem yang masih tersisa. Semoga bentuk respon Bioweare ini sama sekali tidak akan menghambat niat tulus mereka dalam membuat Anthem menjadi lebih baik.

Game Anthem sendiri sudah lama bisa kamu mainkan sejak tanggal 22 Febuari lalu di platform PC (via Origin), PS4, dan Xbox One.

Sumber: Bioware, Kotaku


Baca pula informasi lain terkait Anthem, beserta dengan kabar-kabar menarik lain seputar video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version