Bitcoin Naik 20% Akibat Seseorang Misterius Yang Membelinya Dalam Jumlah Besar

in ,

Bitcoin melonjak ke level tertinggi dalam hampir lima bulan pada hari Selasa lalu, sehingga membuat cryptocurrency yang lebih kecil ikut naik, peningkatan ini terjadi setelah seseorang yang misterius membeli dalam jumlah yang besar, sehingga membuat komoditas perdagangan menjadi hiruk-pikuk, kata para analis.

Cryptocurrency melonjak sebanyak 20 persen dalam perdagangan Asia, menembus $ 5.000 untuk pertama kalinya sejak pertengahan November. Kemudian pada sore bertahan di sekitar $ 4.800, masih naik 16 persen dan ini adalah kenaikan terbesar sejak April tahun lalu.

Sebelumnya Bitcoin sukses melonjak mendekati $ 20.000 pada akhir 2017, puncak kenaikan ini didorong oleh investor ritel. Tapi kemudian di awal tahun 2018 tiba-tiba harga dari Bitcoin anjlok drastis yang membuat masyarakat resah terutama para pemilik dari cryptocurrency, karena penuruan pada harga Bitcoin juga berdampak pada cryptocurrency lain yang lebih kecil.

Keuntungan hari ini mungkin dipicu oleh sebuah pesanan senilai sekitar $ 100 juta yang tersebar di seluruh exchanger yang berbasis di AS Coinbase dan Kraken dan Bitstamp di  Luksemburg, kata Oliver von Landsberg-Sadie, kepala eksekutif perusahaan cryptocurrency BCB Group.

“Ada satu pesanan yang telah dikelola secara algoritmik di tiga tempat ini, dengan nilai sekitar 20.000 BTC,” katanya.

Namun, pada analis tersebut tidak dapat memberikan informasi tentang perkembangan secara lebih spesifik yang dapat menjelaskan tentang sebauh order dengan nilai yang besar oleh pembeli yang misterius itu.

Jika dilihat sepanjang tahun, pasar Cryptocurrency sampai hari ini masih dalam periode yang relatif tenang dan tidak terjadi pergolakan yang cukup signifikan, dengan perdagangan bitcoin sekitar $ 3.300 dan $ 4.200.

Menurut laporan dari Venturebeats Para investorbesar besar saat ini masih dalam bayang-banayng kekhawatiran atas pelanggaran keamanan dan ketidakpastian peraturan sebagai alasan kurangnya antusiasme arus utama dalam cryptocurrency.

Sebagai tanda kegagalan bitcoin untuk mendapatkan kedudukan setara dengan pasar konvensional, Cboe Global Markets – yang menawarkan kontrak berjangka bitcoin pertama AS pada tahun 2017 – mengatakan bulan lalu bahwa mereka tidak lagi akan menawarkan kontrak berjangka bitcoin.

Efek dari pergolakan ini juga berimbas pada cryptocurrency lain, dimana lonjakan harga dari Bitcoin membuat cryptocurrency yang lebih kecil, yang dikenal sebagai “altcoin,” diperdagangkan lebih tinggi. Eter Ethereum dan XRP Ripple, masing-masing merupakan koin terbesar kedua dan ketiga, keduanya melonjak lebih dari 10 persen.

Pergerakan harga koin yang lebih kecil cenderung berkorelasi dengan bitcoin, yang masih menyumbang lebih dari setengah nilai pasar cryptocurrency.

“Biasanya bitcoin adalah pemimpin pasar dan altcoin cenderung mengikuti, sejauh mengikuti arah dan sentimen publik,” kata Mati Greenspan, seorang analis di eToro di Israel.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel lainya tentang tech dari Rizki

 

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]