Blizzard dan NetEase Pecah Kongsi, Pemain World of Warcraft di Cina Diminta Bersabar

Blizzard dan NetEase Pecah

Blizzard dan NetEase pecah kongsi setelah 14 tahun berkerja sama merilis game-game seperti Diablo, World of Warcraft hingga Overwatch ke pasar Cina. Namun dengan kedua perusahaan telah berpisah, besar kemungkinan game-game dari Blizzard juga akan “mati” di negara tersebut.

Blizzard dan NetEase Pecah Kongsi, World of Warcraft Cina Segera “Mati” sampai Ketemu Distributor Baru

Blizzard dan NetEase Pecah Kongsi, WoW di Cina akan dimatikan sampai Blizzard dapat Distributor Baru

Dilansir dari CNN, bos NetEase, William Ding, jelaskan kalau perusahaan mereka mengoperasikan judul-judul milik Blizzard dalam kondisi merugi. Sesuatu yang tidak diekspektasi melihat game-game mereka sangatlah populer di Cina. Tetapi tampaknya peraturan baru pemerintah Cina akan regulasi waku bermain game untuk generasi muda sangat mempengaruhi bisnis kedua perusahaan.

Aturan Pemerintah Cina yang Ketat Terkait Video Game

Pemerintah Cina Dikenal Sangat Ketat Terkait Aturan Video Game

Seperti yang diketahui, pemerintah Cina membuat regulasi di mana anak kecil dan remaja mudah hanya boleh bermain game selama satu jam pada hari Jumat, weekend, dan juga hari libur nasional. Sementara game Blizzard seperti World of Warcraft membutuhkan investasi waktu bermain yang banyak, alhasil tidak selurus dengan aturan baru dari pemerintah.

Di sisi lain, semua game yang ingin memasuki pasar Cina disyaratkan untuk menggunakan distribusi dari perusahaan Cina, di sini peran dari NetEase sangat penting untuk Blizzard. Tetapi dengan keduanya tidak melanjutkan kerjasama mereka, semua game Blizzard terpaksa ditarik dan penjualannya telah ditutup.

Masalah tak hanya sebatas pada mencari cara untuk dapat merilis kembali game ke pasar Cina, tetapi juga proses transisi dari distributor lama ke yang baru. Hal ini telah direncanakan oleh general manager dari seri Warcraft, John Hight, di mana ia mengatakan bahwa Blizzard tengah mempersiapkan fungsi yang memperbolehkan pemain untuk pindahkan save karakter dan progres mereka nanti.

Hight menjelaskan kalau Blizzard dan NetEase telah mengerjakan rencana untuk proses transisi dan akan mengumumkannya pada Januari 2023 mendatang. Ini waktu yang sama dimana server World of Warcraft dari NetEase akan dimatikan.

Pemain WoW di Cina telah mempersiap akan skenario terburuk, mereka mau tak mau harus pasrah apabila progress jauh mereka akan lenyap begitu saja meski itu sifatnya “sementara”.

Semua game Blizzard saat ini sudah tidak tersedia lagi di Cina, hingga mereka dapat menemukan distributor baru di Cina, game seperti Overwatch, Diablo 3, World of Warcraft, Heartstone, Starcraft 2 dan bahkan Diablo Immortal yang dibuat oleh NetEase, semuanya tak dapat diakses.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Blizzard beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version