Blizzard Pegang Hak Cipta atas Custom Games Buatan Modder di Warcraft 3: Reforged

Warcraft 3 Reforged

Kamu yang pernah bermain game Warcraft 3 klasik garapan Blizzard di tahun 2000-an mungkin paham betul akan serunya game-game buatan modder yang terkadang lebih menarik dari game utamanya. Beberapa diantaranya seperti Bleach vs One Piece, TD Element, dan tentunya yang begitu populer hingga saat ini, Dota.

Namun yang mungkin disayangkan, kepopuleran game-game seru yang lahir dari tangan pemainnya tersebut tidak terlalu dirasakan oleh Blizzard. Alih-alih berikan keuntungan lebih bagi Blizzard, ide MOBA seperti Dota yang saat itu mulai meroket justru ‘direbut’ oleh Valve (Dota 2) dan Riot (League of Legends), yang bahkan menjadi dua MOBA paling populer saat ini. Blizzard tentunya juga punya MOBA tersendiri yang berjudul Heroes of the Storm, tapi sampai saat ini masih kalah pamor dengan game sejenis lainnya.

Melansir dari Kotaku, dalam rangka perilisan Warcraft 3: Reforged, Blizzard kini menghadirkan sebuah kebijakan baru agar tidak ‘kecolongan’ lagi dalam game remastered tersebut. Mengutip dari website Blizzard, kebijakan baru ini menyebutkan bahwa hak cipta custom game buatan pemain merupakan properti milik Blizzard.

Custom Games are and shall remain the sole and exclusive property of Blizzard. Without limiting the foregoing, you hereby assign to Blizzard all of your rights, title, and interest in and to all Custom Games, including but not limited to any copyrights in the content of any Custom Games. If for any reason you are prevented or restricted from assigning any rights in the Custom Games to Blizzard, you grant to Blizzard an exclusive, perpetual, worldwide, unconditional, royalty free, irrevocable license enabling Blizzard to fully exploit the Custom Games (or any component thereof) for any purpose and in any manner whatsoever.

To the extent you are prohibited from transferring or assigning your moral rights to Blizzard by applicable laws, to the utmost extent legally permitted, you waive any moral rights or similar rights you may have in all such Custom Games, without any remuneration. Without limiting Blizzard’s rights or ownership in the Custom Games, Blizzard reserves the right, in its sole and absolute discretion, to remove Custom Games from its systems and/or require that a Custom Game developer cease any and/or all development and distribution of a Custom Game.

Secara umum, genre video game memang tidak bisa diklaim hak ciptanya. Namun nama permainan, aset-aset dalam permainan sangatlah bisa diklaim. Kebijakan baru dari Blizzard ini dimaksudkan untuk membatasi hadirnya custom game serupa yang menjadi standalone game misalnya, atau muncul di game lain yang juga menyediakan fitur custom game. Sehingga walau tidak benar-benar menghentikan seseorang untuk menghadirkan ide game serupa yang muncul dari custom game di Warcraft 3: Reforged misalnya, Blizzard tetap bisa saja melayangkan gugatan pada orang tersebut jika dirasa menyinggung hak cipta.

Di sisi lain, Blizzard masih memperbolehkan para modder yang membuat custom game di Warcraft 3: Reforged untuk mengumpulkan donasi demi pengembangan custom gamenya. Namun hanya jika telah diberikan izin oleh Blizzard. Lebih lanjut, custom game juga tidak boleh memiliki fitur microtransactions.

Perlu diketahui juga bahwa kebijakan terkait custom game ini tidak terbatas untuk Warcraft 3: Reforged saja. Namun dari semua game besutan Blizzard, agaknya memang hanya game Warcraft yang menjadi taman bermain bagi para modder untuk menuangkan ide permainannya. Hanya saja taman bermain tersebut kini diawasi secara ketat 7 hari 24 jam.



Baca juga informasi menarik lainnya terkait Blizzard atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Exit mobile version