Blizzard Perkenalkan Fitur Baru Aplikasi Battlenet

in , ,
Kini dengan fitur social dan yang lain.

Blizzard tak pernah lelah untuk hadirkan perubahan dan fitur baru di setiap service-nya. Beberapa perubahan dan fitur baru ini selalu mereka berikan versi test atau beta-nya agar bisa langsung dicoba oleh penggunanya. Hal ini tak lain dan tak bukan demi mendapatkan tanggapan tentang service yang mereka berikan dan merubahnya sesuai masukan dari para penggunanya. Perubahan atau penambahan fitur baru Blizzard tidak hanya terbatas pada gamenya saja, namun juga pada aplikasi PC Battle.net atau kini dikenal dengan nama Blizzard Battle.net.

Hari ini, Blizzard baru saja mengumumkan beberapa fitur baru aplikasi Blizzard Battle.net miliknya. Beberapa di antaranya adalah penambahan fitur Social, Profile, Avatar, dan kemampuan untuk terlihat offline. Fitur ini bisa kamu coba dengan membuka settings, klik pada kolom Beta, lalu klik tombol “Switch to Beta Version”.

1. Klik settings
2. Klik kolom Beta lalu tekan tombol Switch to Beta Version (kami sudah merubahnya ke versi beta)

Fitur Social yang ditambahkan Blizzard mungkin sekilas terlihat biasa saja, namun jika kamu teliti lebih lanjut, maka kamu mungkin tidak asing lagi dengan fitur ini, terutama fitur Group Chat. Tepat sekali, fitur ini sama seperti aplikasi Discord yang mungkin sudah kita kenal cukup lama, bedanya tidak (atau mungkin belum) ada bot chat layaknya Discord. Kamu bisa melakukan chat dan voice chat di group yang telah kamu buat bersama teman-temanmu.

Berbeda dari sebelumnya, dimana profile-mu tidak memiliki avatar atau informasi layaknya profile di Steam, kini Blizzard tambahkan fitur tersebut di aplikasi Battle.net. Kamu bisa mengganti avatar, memberikan biodata tentangmu, link social media, YouTube, atau link pribadimu, hingga menyetting privasi profile milikmu, baik private profile atau public profile.

Fitur Social memungkinkanmu membuat group chat
Kamu bisa lakukan chat maupun voice chat, invite group, leave group, dsb. Mirip Discord bukan?

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa merubah tampilan online, away, busy, atau offline saat masih terhubung dengan Battle.net. Tampilan offline ini berbeda di tiap game yang kamu mainkan, misalnya kamu menampilkan status offline di Battle.net kemudian memainkan World of Warcraft, maka temanmu yang ada di guild akan melihatmu online, sementara temanmu yang masih online di Battle.net akan tetap melihatmu offline.

Rubah avatar/profile picture, biodata, hingga tambah link social media di profilemu.

Jika sebelumnya Blizzard tidak memberikanmu kemampuan untuk mengirim pesan pada temanmu yang sedang offline, maka kini kamu bisa mengirim pesan pada temanmu yang sedang offline agar mereka bisa membacanya ketika mereka kembali online.

Saat ini beberapa fitur di atas hanya bisa dicoba di aplikasi versi beta dari Battle.net, Blizzard masih mengembangkannya dengan lebih baik. Kamu bisa memberikan kritik dan saranmu tentang perubahan aplikasi beta Battle.net di sini.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.