Blue Protocol akan Hadir Paling Cepat 2021, Siapkan Adaptasi Anime?

in ,
Blue Protocol
Bandai Namco siap melepasnya 2021?

Blue Protocol merupakan game action MMORPG terbaru milik Bandai Namco. Sejak pengumumannya tahun lalu, Bandai Namco membuka closed alpha test bagi playernya yang berada di Jepang. Indikasikan bahwa gamenya akan rampung dalam beberapa tahun sampai akhirnya memasuki masa beta. Namun sepertinya mereka akan merilisnya lebih cepat dari yang diduga.

Menurut laporan Renka Schedule, Bandai Namco berencana untuk merilis Blue Protocol pada tahun 2021 di Jepang. Ini terbukti dengan postingan lowongan pekerjaan baru untuk Localization Director atau Pengarah Alih Bahasa, di mana mereka menargetkan untuk rilis gamenya di tahun fiskal Bandai Namco selanjutnya. Dengan kata lain setelah bulan Maret 2021 Blue Protocol kemungkinan akan siapkan perilisannya di Jepang.

Perilisan tersebut akan fokus pada Jepang terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan dengan versi globalnya. Dengan kata lain, kemungkinan akan membutuhkan paling cepat satu hingga dua tahun untuk menerjemahkan semua yang ada di Blue Protocol dalam bahasa Inggris.

Menariknya, dari postingan lowongan pekerjaan tersebut diketahui bahwa Bandai Namco Online rupanya mengerjakan Blue Protocol dengan lebih dari 130 orang.

Selain pengumuman tersebut, lowongan pekerjaannya juga berikan informasi bahwa Bandai Namco kemungkinan akan adaptasi Blue Protocol ke media lain melalui media mix setelah perilisannya. Media mix adalah istilah di Jepang untuk perluas suatu produk ke media lain, entah itu acara TV, anime, novel, manga, atau yang lain. Sebagai contoh yang paling mudah dari Bandai Namco ialah perilisan Ni no Kuni dan Yo-Kai Watch sebagai video game dan anime.

Saat ini Blue Protocol tengah dikembangkan oleh Bandai Namco dan Bandai Namco Online. Gamenya direncanakan untuk dirilis di PC, namun belum memiliki tanggal rilis pasti. Mereka berencana untuk merilisnya terlebih dahulu di Jepang pada tahun fiskal selanjutnya yakni setelah 31 Maret 2021. Dengan kata lain, antara tahun 2021 atau awal 2022 bisa menjadi tolak ukur mereka untuk merilis gamenya.


Baca lebih lanjut tentang Blue Protocol, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]