Tidak Hanya Windows, Blue Screen of Death juga Ada di Linux

Blue Screen Of Death

Jika kalian adalah orang yang cukup tech-savvy, istilah BSoD atau Blue Screen of Death pasti sudah menjadi bahan lelucon sehari-hari. Fitur bawaan Windows ini menjadi bahan tertawaan betapa ringkihnya sistem operasi buatan Microsoft tersebut.

Error yang tampilkan layar biru ini sudah ada sejak awal sistem operasi Windows diciptakan dan tetap bertahan sampai saat ini. Error itu sendiri sebenarnya tidak begitu buruk. Hanya saja yang menjengkelkan adalah layarnya sendiri merupakan alat diagnosa kesalahan OS, namun gagal menjelaskan lebih terperinci apa galat yang menimpanya.

Blue Screen of Death juga Akan Ada di Linux?

Galat layar biru maut

Kalau kalian berpikir ini adalah fitur yang eksklusif untuk Windows, maka bergembiralah (atau tidak) karena sekarang Linux juga mendapatkan update fitur ini. Melansir dari Arstechnica, Linux memberlakukan update OS terbaru yang menambahkan systemd-bsod component, dimana nantinya akan menampilkan layar mirip BSoD yang familier itu.

Project systemd ini masih dalam batasan eksperimen dan masih bisa berubah kedepannya. Fungsinya juga simpel yaitu segala logged error message yang mencapai level LOG_EMERG kini akan ditampilkan secara fullscreen.

Layaknya BSoD modern di os Windows, layar biru maut di Linux ini nantinya juga akan menambahkan QR code agar pengguna bisa lebih gampang mencari tahu apa galat yang dilami ketika gagal booting.

Kebanyakan Linux akan Dukung Layar BSoD

Linux Ubuntu

Systemd sendiri banyak digunakan oleh banyak distros, termasuk diantaranya Debian, Fedora, Ubuntu, Arch, Red Hat Enterprise Linux, CentOS, dan masih banyak lagi. Hingga bukan tidak mungkin kelak kalian yang menggunakan jenis Linux ini akan mendapatkan fitur baru tersebut.

Update ini tersedia di versi 224 systemd dan juga menghadirkan banyak sekali fitur baru. Beberapa diantaranya termasuk tambahan fitur untuk TPM. Bagaimana menurut kalian soal ini? Apakah jadi tertarik berpindah ke Linux, atau malah justru sebaliknya?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version