Bocor! Google Buat Android OS Untuk Featured Phone

featured phone

Google dikabarkan tengah mengembangkan sebuah sistem operasi Android untuk ponsel featured, hal ini terungkap setelah sebuah video yang diunggah oleh 9to5Google di situs laman video Youtube.

Dalam video tersebut terlihat sebuah featured phone yang menggunakan sebuah sistem operasi mirip android, ponsel tersebut memiliki layanan aplikasi milik Google seperti Chrome, Gmail, Maps, Youtube dan Facebook. Tak hanya itu saja, dalam video tersebut juga terdapat sebuah aplikasi bernama Proxx yang dikatakan sebagai cloning dari game legendaris Mineswaper.

Menurut informasi yang kami rangkum dari video tersebut, featured phone ini berjalan menggunakan OS Andoid versi 8.1 Oreo. Dalam video tersebut juga memperlihatkan menu “tentang ponsel” dan tercantum deskripsi “Iron GAFP” kemungkinan ponsel tersebut adalah sebagai ponsel”Google Android Feature Phone”.

https://www.youtube.com/watch?time_continue=59&v=QxhmWJKIkQk

Sebenarnya, rumor ini telah lama beredar sejak awal tahun lalu, ketika source code browser Chromium memuat mode “tanpa sentuhan” yang dibuat untuk perangkat non layar sentuh. Berkat temuan tersebut, yang akhirnya dijadikan indikasi bahwa Chrome akan merambah ke ponsel fitur untuk pertama kalinya.

Namun, rumor ini sempat menghilang setelah Google dilaporkan menghapus source code dari OS ini pada awal September lalu. Namun berkat video yang diunggah oleh 9to5google pada kanal Youtube mereka, mengakibatkan menguatnya lagi rumor tentang pengembangan OS tersebut.

Saat ini, Google juga diketahui telah berinvestasi pada sebuah OS untuk featured phone yang bernama KaiOS, OS tersebut dikatakan bisa menjalankan Google Asisten sama seperti android pada umumnya dan bahkan bisa menjalankan WhatsApp.

Sumber : 9to5Google


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Exit mobile version