Bocoran Benchmark Memperlihatkan Betapa Tangguhnya RTX 3080 Melawan RTX 2080ti

in , ,

Semenjak terungkapnya GPU terbaru dari Nvidia yaitu GeFore RTX 30 series, banyak sekali yang ingin mengkonfirmasi tentang klaimnya terkait performa dan value for money yang diberikan oleh Nvidia. Kali ini beberapa benchmarks mulai bermunculan dari RTX 3080 di database Ashses of the Singularity, CompuBench, dan Geekbench 5.

Dengan percaya diri mereka mengatakan “biggest generational leap” yang Nvidia pernah miliki, RTX 3080 dianggap sebagai pionir dengan klaim bahwa GPU tersebut memiliki performa yang 2 kali lebih baik dari 2080 sebagai referensinya. Bahkan Nvidia mengatakan bahwa GPU tersebut mengalahkan juara bertahan pada generasi sebelumna yaitu 2080Ti dari segi harganya walaupun sedikit.

Benchmark kali ini ada dari game Ashses of the Singularity yang ditemukan oleh @_Rogame, yang perlu di ingat hasil pengujian ini tidak bisa dijadikan tolak ukur yang mutlak karena hasil akan berbeda tergantung skenario hardware yang kita pakai ketika pengujian.

Kali ini pengujian game Ashes of the Singularity menggunakan RTX 3080 dengan preset “crazy 4k”, tentunya dengan game bergenre RTS (Real Time Strategy) dengan settingan tersebut akan membutuhkan GPU yang bertenaga supaya bisa bermain dengan mulus dan lancar.

Tentunya akan susah untuk menentukan seberapa bagusnya kartu grafis hanya dengan melihat hasil pengujian dari game bergenre RTS, apalagi dipengujian tersebut tidak ada info lebih rinci terkait clock speeds, yang berarti kita tidak tahu apakah RTX 3080 ini adalah GPU Founders Edition dengan 8704 CUDA core dan Vram 10GB GDDR6X atau bisa saja varian lain yang di overclock.

Tentunya dengan hasil yang bisa dibilang lumayan karena mendapatkan framerate lebih sekitar 17 jika dibandingkan dengan 2080ti. Mungkin kita bisa melihat hasil yang lebih ketika pengujiannya dijalankan pada resolusi 1080p.

Kali ini kita beralih ke hasil pengujian dari CompuBench yang ditemukan oleh @TUM_APISAK, ketika diadu dengan RTX 2080, 3080 hampir menggandakan hasilnya di setiap kategori yang di ujikan, dan luar biasanya juga RTX 3080 bisa melebihi scppre yang dihasilkan oleh RTX 2080ti dengan rata-rata 40,6%.

Tentunya dengan hasil test yg beredar sementara, kata-kata yang diucapkan oleh Jensen Huang selaku Presiden dari Nvidia tentang performa yang di janjikannya pada GPU terbarunya ini bukan omong kosong belaka, terutama dengan harganya yang dimana RTX 3080 start dari $699, dan sekali lagi bahwa hasil yang ditampilkan bisa saja berbeda tergantung skenario hardware apa yang digunakan masing masing penguji.


Baca juga artikel lain terkait dengan Nvidia, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Aldo

For press release and further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com

Avatar

Written by aldo