Bocoran Chipset Apple M3 Mengudara, Lebih Kuat dari Generasi Terdahulu

Apple M3

Chipset terbaru dari yang dikhususkan untuk perangkat terbaru Apple, yaitu Apple M3 dikabarkan bakal menjadi salah satu chipset next-gen terbaik, karena kami mendapati rumor di mana chipset anyarnya ini akan mudah untuk taklukkan chipset Apple M2 yang merupakan generasi terdahulu. Benarkah demikian?

Chipset Apple M3 akan Lebih Bertenaga

Selaku perusahaan yang berdomisili di Sillicon Valley, wajar rasanya bila inovasi demi inovasi dilakukan untuk hadirkan kemampuan komputasi semua perangkat yang diluncurkannya. Salah satunya adalah chipset terbarunya khusus untuk MacBook, yakni Apple M3 yang dibuat pada fabrikasi 3nm beserta saudaranya, A17 Bionic untuk iPhone.

Tidaklah mengejutkan bila ternyata kemampuan chipset tersebut bisa memberikan selisih performa dari generasi terdahulu. Di mana hal tersebut diungkap oleh Vadim Yuryev lalui cuitannya baru-baru ini yang bisa kalian lihat di bawah.

Skor di atas kertas yang cukup menarik

“Inilah gambaran kasar kemampuan dari chipset Apple M3 yang berhasil kami temukan dari hasil Geekbench 6. Chipset ini mampu hadirkan skor untuk single-core sebesar 3.472, dan multi-core sebesar 13.676, yang tentunya layak untuk dilirik.”

Memiliki Jumlah Core yang Lebih Sedikit

Tentunya menarik bila kita melirik kemampuan dari chipset anyar besutan perusahaan dari Sillicon Valley tersebut. Hal yang lebih menarik ialah ketika kami menemukan bahwa hal yang diungkapkan oleh Vadim Yeryev ternyata benar adanya.

Di mana bila kita lakukan komparasi, chipset ini dengan santainya menaklukkan chipset Apple M2 Max dan M2 Pro. Walau selisihnya tak terlalu jomplang, namun tetap saja chipset tanpa embel-embel Pro atau Max ini patut diacungi jempol.

Hasilnnya dapat kalian lihat di bawah untuk MacBook Pro 16” 2023:

Kemudian ini hasil Geekbench untuk Macbook Pro 14” 2023:

Artinya, terdapat selisih performa di atas kertas setidaknya lebih cepat hampir 24% untuk single-core, namun lebih lambat 6% pada multi-core melawan M2 Max, dan lebih cepat 30% untuk single-core, dan lebih cepat 10% pada multi-core bila disandingkan dengan M2 Pro.

Namun, skor di atas belum bisa dikatakan final, dan masih berupa gambaran kasar yang boleh jadi bahan evaluasi bila kalian tertarik untuk memilikinya. Gimana, tertarik untuk mencobanya?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version