Bocoran Intel i5 Comet Lake Terungkap, Bakal Support Multi-Threading?

in , ,

Ada kabar bagus buat fans kubu biru. Buat kalian yang berharap Intel bakal kasi fitur multithread di CPU low-mid mereka, maka doa kalian kini terjawab. Dikutip Wccftech, Intel nampaknya sedang menyiapkan CPU yang diduga merupakan seri i5 dengan konfigurasi 6 core dan 12 threads!

Data tersebut diperoleh dari sebuah website agregator performa SiSoftware. Dalam website tersebut, kami mendapati CPU misterius tersebut belum diberi nama. Detail yang bisa kami dapati hanya spesifikasi yang menyatakan ia memiliki inti 6 core dengan 12 thread, plus clockspeed 2 GHz dan ukuran cache L3 sebesar 12 MB.

Tampilan site SiSoftware

Yang bikin kami yaqueen kalo itu CPU i5 adalah tipe chipset yang dipakai saat dilakukannya testing. Saat pengetesan dilakukan, sistem agregator tersebut mendapati bahwa motherboard yang dipakai adalah ECS H470-SF110. Seperti yang kita tahu, H470 adalah kode chipset Intel untuk CPU seri menengah mereka. Dengan demikian, besar kemungkinan bahwa CPU yang dites merupakan i5 generasi ke 10.

Sebelumnya, beredar rumor di kalangan PC enthusiast bahwa Intel akan menghadirkan fitur hyperthreading mereka di CPU menengah kebawah. Dengan adanya hasil benchmark ini, maka rumor tersebut akhirnya terbukti. Dengan demikian, maka diprediksi lineup CPU Intel akan memiliki konfigurasi 4 core/8 thread untuk i3, 6 core/12 thread untuk i5, 8 core/16 thread untuk i7, dan 10 core/20 thread untuk i9.

Tabel diatas adalah versi lengkap prediksi konfigurasi lineup Intel Comet Lake series. Masing-masing lineup (kecuali seri i9) akan dilengkapi dengan iGPU UHD 730. Tercatat ada 13 jenis CPU dari generasi ini, dengan range harga mulai dari $129 hingga $499. Mengingat tabel tersebut masih berupa prediksi, maka konfigurasi dan pricing bisa saja berubah sewaktu waktu setelah artikel ini terbit.

Source: Wccftech

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person