Bocoran Performa Qualcomm Snapdragon X Elite Mengemuka, Bawa 12 Core!

Performa Qualcomm Snapdragon X Elite

Setelah sekian lama menanti kabar baru, akhirnya kami mendapati bocoran mengenai performa Qualcomm Snapdragon X Elite. Prosesor teranyar dari Qualcomm tersebut, membawa 12 core dan menjanjikan peningkatan performa masif dari generasi terdahulu. Sekuat apakah performa prosesor ini? Mari kita ulik sama-sama!

Performa Qualcomm Snapdragon X Elite Setara dengan AMD dan Intel

Senjata terbaru Qualcomm?

Sekitar empat bulan silam, Qualcomm resmi memperkenalkan prosesor terbarunya, yakni Qualcomm Snapdragon X Elite. Berdasarkan informasi terbaru dari Wccftech, performa dari prosesor ini dibuktikan masih dikatakan setara dengan prosesor AMD dan Intel.

Saat diulik lebih dalam, prosesor 12 core ini ternyata terdiri dari 8 performance core dan 4 efficiency core. Di mana prosesor ini semakin disempurnakan dengan teknologi fabrikasi 4nm yang dirancang khusus untuk efisiensi daya.

Hasil GeekBench

Beralih ke spesifikasi teknis, performa prosesor Qualcomm Snapdragon X Elite yang diklaim mampu menyetarai AMD dan Intel ini bukanlah tanpa dasar. Prosesor ini membawa Clock Speed 4.3GHz untuk 1-2 core saja, dengan maksimal 3.8GHz pada semua core.

Berdasarkan pengujian GeekBench 6.2.2, prosesor teranyar Qualcomm tersebut memiliki skor single-core 2.574, dengan skor multi-core 12.562. Pengujian tersebut dilakukan pada sebuah perangkat yang memiliki RAM 32GB dengan sistem operasi Windows 11 (Insider Preview) 64-bit.

Tidak Sekuat yang Dijanjikan?

Menariknya, sedikit berbeda dari informasi yang kami beritakan beberapa bulan lalu, terdapat selisih performa yang termasuk lumayan dari data-data sebelumnya. Di mana ternyata performa Qualcomm Snapdragon X Elite ini tak melulu berada di puncak, melainkan ada di tengah-tengah prosesor high-end.

Contohnya pada CPU Benchmark GeekBench 6 di bawah, terlihat pada pengujian single-thread performa prosesor ini malah berada di bawah Apple M2, dengan selisih yang amat tipis. Selisih performanya semakin melebar saat dikomparasi dengan Apple M2 Pro. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat melihat tabel di bawah ini:

Performa single-thread yang biasa saja?

Barulah pada CPU Benchmark GeekBench 6 pada skenario multi-thread, potensi dari prosesor ini keluar, dengan kemenangan yang lumayan tinggi dari Apple M2 dan kompetitor. Namun, tetap saja prosesor ini tidak sekuat yang dijanjikan tempo hari diberitakan. Untuk lebih jelasnya, cek tabel berikut:

Performa multi-thread yang di atas rata-rata?

Itulah informasi mengenai bocoran performa chipset teranyar Qualcomm yang konon siap meluncur pada pertengahan tahun 2024. Gimana, apakah kalian siap untuk mempertimbangkan prosesor ini?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version