Bocoran Sony Xperia F Sebagai Smartphone Lipat Pertama Dari Sony Telah Beredar

5XivLZPiSkVeNzmrpH7nvg

Sony sepertinya masih berusaha keras untuk mengembalikan taringnya pada dunia Smartphone, setelah beberapa minggu terakhir kabar berhembus tentang bocoran-bocoran untuk paten terbaru Smartphone Xperia yang akan rilis dengan beberapa fitur barunya nampaknya itu belumlah cukup, ada lagi berita bocoran terbaru dimana Sony siap hadirkan Xperia F sebagai Smartphone lipat pertama yang akan diproduksi untuk imbangi para pesaingnya.

Bulan lalu, Media Teknologi dan Smartphone dari China CNMO mengungkapkan bahwa Sony sedang mengembangkan smartphone 5G yang dapat dilipat, yang akan diluncurkan tahun depan dengan nama Sony Xperia F. Perangkat ini akan memiliki layar OLED yang fleksibel didapat dari Samsung.

Namun, ada yang berbeda dengan berita rumor awal bulan ini muncul rumor baru melalui Twitter Smartphone lipat Sony di masa depan. Namun kali ini, dilaporkan bahwa itu adalah smartphone yang juga dilipat. Prototipe akan menggunakan layar LG dan dilengkapi dengan kamera zoom 10x, berbeda dengan rumor sebelumnya yang mengatakan Samsung sebagai penyedia layar untuk Xperia F ini.

Tidak seperti banyak pabrikan smartphone lainnya, Sony diketahui adalah perusahaan yang mengajukan paten yang relatif sedikit untuk teknologi Smartphone lipat, tidak sepert para rivalnya seperti Samsung dan Huawei. LetsGoDigital melaporkan pada akhir tahun lalu tentang smartphone Sony dengan layar transparan dua sisi, teknologi ini juga dapat digunakan untuk smartphone yang dapat dilipat atau digulung.

Smartphone lipat dari Sony dengan layar di luar

Bocoran Paten Sony Xperia F Foldable Phone

Kali ini kabar terbaru yang datang dari Sony Corporation adalah di mana tampilan yang fleksibel ini dapat dijelaskan dengan ada sensor pada layar. Paten baru-baru ini diajukan pada 4 Maret 2019, dari Amerika ke WIPO (World Intellectual Property Office). Paten yang dimaksud ini secara teknis berjudul ‘unit tampilan’ yang diterbitkan pada tanggal 27 Juni 2019.

Layar fleksibel yang dipatenkan dari Sony memiliki setidaknya tiga sensor; sensor tekanan, sensor suhu dan sensor akselerasi. Secara opsional, sensor foto dan sensor resistensi dapat ditambahkan. Sensor-sensor ini dapat mendeteksi apakah pengguna memegang smartphone dan bagaimana hal itu dilakukan (cara memegangnya).

Sensor ini membantu menentukan bagian mana dari layar yang dilihat secara visual, sehingga antarmuka dapat disesuaikan, untuk memberikan pengalaman pemakaian pengguna secara optimal.

Gambar diam atau gambar bergerak dalam bentuk screen saver dapat ditampilkan pada bagian non-visual, sehingga kecepatan refresh bagian layar dapat diatur sehingga dapat menghemat energi.

Selain itu, teknologi yang dipatenkan dapat diterapkan pada smartphone dengan tampilan dua sisi (depan belakang), seperti yang juga dapat dilihat pada dua sketsa paten diatas. Deskripsi tersebut juga menyatakan bahwa tombol kontrol yang dipasang di bagian depan juga dapat ditempatkan di bagian atas (dapat dipindah), sehingga Kamu bisa memiliki tampilan layar penuh seperti yang kamu inginkan baik di depan maupun di belakang.


Sumber: T3 dan LetsGoDigital


Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Email: abdolefathah@gamebrott.com

Exit mobile version