Bocorkan Informasi dan Screenshot Artifact, Akankah Xyclopz Terjerat Hukum ?

in , ,

Baru-baru ini publik dihebohkan dengan sebuah postingan dari salah satu influencer Dota 2 yang cukup populer baik di South East Asia maupun secara Internasional. Xyclopz atau yang lebih dikenal dengan Treephob “Xyclopz” Tiangtrong adalah salah seorang caster asal Thailand yang khas dengan logat Thailand-nya meskipun dirinya cast menggunakan bahasa Inggris.

Dalam sebuah postingan di Reddit yang cukup ramai ini, dirinya membuat sebuah postingan terkait akan seperti apa game trading card ala Dota 2 ini, yaitu Artifact di sebuah grup Facebook. Dalam postingannya Xyclopz membeberkan informasi yang cukup lengkap, mulai dari tanggal rilis, tampilan dari game-nya sendiri hingga deck build yang digunakkan beserta potongan screenshot yang memperlihatkan tampilan dari Artifact itu sendiri.

image courtesy, Reddit

Lalu apa yang menjadi permasalahan ? well, dalam kasus ini Xyclopz memang merupakan salah satu orang yang mendapatkan invite untuk bergabung di beta test dari Artifact itu sendiri. Namun terlepas dari itu semua, Xyclopz telah melanggar NDA (Non Disclosure Agreement) yang memant seharusnya telah disetujui di awal saat join di Alpha test. Bahkan dirinya secara gamblang hampir mengungkapkan secara keseluruhan informasi dari Artifact itu sendiri melalui grup Facebook.

Menurut salah satu pengguna Reddit u/SirBelvedere yang juga dikenal sebagai salah seorang yang cukup aktif di komunitas Dota 2 mengkomentari terkait implikasi NDA yang Xyclopz langgar tersebut.

“Saya punya teman yang juga bermain untuk versi beta. Saya mengirimkan pesan terhadap teman saya. Dia mengatakan bahwa tidak akan membagikkan apapun dan hal lainnya karena masih rahasia”

Dalam hal ini yang dimaksud “rahasia” sendiri bukan untuk makanan “publik”. Melihat apa yang dilakukan oleh Xyclopz ini juga semakin jelas bahwa dirinya telah melanggar NDA dengan memposting informasi yang cukup krusial dari Artifact tersebut kepada publik. Meskipun dirinya terlibat dalam tahap Alpha namun terlalu beresiko untuk melakukan hal itu, dan Valve juga disini berhak untuk menuntut Xyclopz ke ranah hukum jika merasa dirugikan terkait hal ini.

Sebagai kesimpulan, Xyclopz sendiri juga sempat membocorkan informasi terkait tanggal rilis dari Artifact yaitu pada 31 Desember mendatang. Namun jika ini benar, mungkin Valve sendiri tidak ingin ambil pusing karena secara tidak langsung tindakan Xyclopz sendiri cukup untuk membangun sebuah “hype” dan tidak akan menjadi issue yang besar baginya.

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi