Bos Blizzard Mulai Dirikan Perusahaannya Dengan Uang Pinjaman dari Sang Nenek

ctvg66Q7FMSeuY8aKfek59 650 80

Gamer pastinya pernah mendengar Blizzard. Jikapun tidak, setidaknya kalian pasti tahu dengan game dari mereka seperti Overwatch, Warcraft, Starcraft dan Diablo. Dengan kumpulan game sukses ini, Blizzard kini menjadi salah satu perusahaan raksasa gaming sekarang ini. Namun segala sesuatu yang besar pasti bermula dari sesuatu yang kecil. Blizzard, sebelum sukses seperti saat ini, dibangun dari uang sebanyak $15,000 yang merupakan pinjaman dari nenek Mike Morhaime, Co-Founder yang saat ini menjadi CEO sekaligus presiden Blizzard.

Lewat pre-BlizzCon livestream, Mike Morhaime menceritakan kisah awal mula terbentuknya Blizzard. Morhaime mengatakan jika dia dan Allen Adham saling kontribusi $10,000 untuk bentuk Blizzard, uang $10,000 Morhaime datang dari pinjaman neneknya pada saat itu.

“Allen Adham dan saya saling kontribusi $10,000, untuk dapatkan $10,000, saya meminjam $15,000 dari nenek saya. Dia tidak meminta bunga apapun, dia memang sangat baik. Sebelum kami punya game, sebelum kami lakukan apapun , pinjamannya ini menjadi pintu pembuka untuk kami untuk memulai usaha.”

Kertas sebagai tanda bukti pinjamannya masih tersimpan di Blizzard Vault, sebuah divisi dimana Blizzard menaruh benda-benda yang relevan dengan sejarah perusahaan tersebut. Kertas yang dilengkapi dengan tanda tangan sang nenek tercinta ini dikenang selamanya di ruangan tersebut karena pinjaman kecil inilah yang menjadi awal mula perjuangan mereka sebelum sukses seperti sekarang.

“Nenek saya memang sangat supportive. Dia bukan gamer, dia tak pernah main game, tapi saya tahu jika dia akan selalu bangga dengan apa yang saya lakukan.” Tutur Morhaime kepada Joanna Perez, arsiparis pada Blizzard Vault.

Saat ditanyai apa yang akan dia katakan kepada Morhaime muda apabila dia tahu jika uang pinjaman tersebut akan jadi awal kesuksesannya, dia hanya menjawab “Aku mungkin akan katakan padanya ‘ Santai saja dan fokus sama pembuatan game.'”

Sekarang ini, Blizzard telah dilaporkan telah bantu dorong keuntungan Activision menjadi $1.631 triliun pada Q2 tahun 2017. Dan semua kesuksesan tersebut dimulai dari ambisi dua developer muda dengan orang tua mereka yang terus mendukung mereka. Kini bayangkan jika Morhaime tak pernah dapatkan $15,000 dari neneknya ini, tak hanya Blizzard tak ada, tapi juga kita tak akan pernah dipertemukan koleksi game bagus seperti Diablo, Starcraft, dan Warcraft.

Source: PCgamer

Exit mobile version