Bos Platinum Games Tidak Terpukau oleh Console Next-Gen, Sebut Nintendo Switch Lebih Inovatif

platinum games gx

Lewat interview bersama VGC, Bos dari Platinum Games, Atsushi Inaba, mengatakan bahwa dirinya tidak begitu terpukau akan console generasi selanjutnya yaitu PS5 maupun Xbox Series X. Baginya kedua console tidak tawarkan kejutan atau inovasi baru dan hanya upgrade hardware dari generasi sebelumnya.

“… Tidak ada kejutan ekstrim atau kualitas tidak terduga yang saya rasakan dari loncatan console sebelumnya. Saya melihat pengumuman console dan hanya berpikir, ‘oh, itu keren’ lalu di menit selanjutnya saya bertanya, ‘hmmm… apa yang harus saya tonton di Netflix sekarang?'”

Tentu sebagai developer game, Inaba senang melihat tim mereka kini mampu menciptakan game dengan skala lebih besar lagi karena hardware console yang lebih mumpuni. Tetapi sebagai seorang veteran di industri ini, dia merasa kalau peningkatan hardware ialah sesuatu yang pasti akan terjadi di tiap generasi. Inovasi baru ialah yang lebih menarik perhatiannya.

Inaba mencontohkan ketika PS1 dan Nintendo 64 pertama kali rilis. Sebelumnya game hanya terbatas pada pixel dan perspektif dua dimensi. Saat pertama kali beralih ke perspektif 3D dan juga model polygon, semua orang terpukau termaksud dirinya karena tak ada yang ekspektasi inovasi semacam itu dapat terjadi. Sayangnya keajaiban serupa tidak  terjadi baginya melihat dari PS5 maupun Xbox Series X. Peningkatan visual masih terjadi tetapi tidak sedramatis di era lama.

Ia juga telah menonton demo dari Unreal Engine 5 yang dimainkan dari PS5. Baginya visual terlihat bagus tapi ia secara pribadi tidak mendapatkan perasaan yang sama seperti loncatan generasi console-console sebelumnya.

Pada interview yang sama, Inaba menyebut Nintendo Switch lebih menarik perhatiannya ketimbang console baru dari Sony maupun Microsoft. Switch baginya adalah console yang sangat “baru” dan inovatif karena konsepnya yang dimana pemain bisa bermain di TV ataupun dimana saja lewat secara portable. Ia berharap console baru lebih banyak tawarkan ide unik seperti itu ketimbang sekedar kemampuan mengangkat visual yang lebih baik.

“Nintendo Switch menjadi terobosan luar biasa dengan console dapat dibuat menjadi home console atau dibawa menjadi portable. Itu ialah sesuatu yang kamu belum pernah lihat sebelumnya.”


Baca pula informasi lain terkait Platinum Games, beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Exit mobile version