Bos SIE Frustasi Game PlayStation Tak Jangkau Player Lebih Banyak

Sie Jim Ryan
Jim Ryan ingin game PlayStation raih lebih banyak player.

Inovasi dengan stagnansi terkadang memang berakhir tak baik bagi siapa saja termasuk perusahaan. Khususnya di industri kreatif. Tak adanya perubahan dan masih menggunakan strategi yang telah usang membuat target yang dicapai tak bisa memberikan perubahan yang signifikan. Inilah yang sepertinya juga dirasakan Sony Interactive Entertainment di divisi PlayStation miliknya.

Memiliki playerbase tinggi dengan game eksklusif yang dana pengembangannya tidak main-main, membuat PlayStation menjadi salah satu console yang dicintai fans karena gamenya terus fokus pada cerita tanpa adanya monetisasi tinggi seperti yang banyak dilakukan beberapa developer.

Namun eksklusivitas yang mereka angkat sepertinya menjadi pedang bermata dua dalam hal angka.

Hal ini diungkapkan oleh Bos SIE, Jim Ryan saat GamesIndustry Live di London. Ia menjelaskan bahwa saat ini PlayStation miliki game yang dimainkan kurang lebih sepuluh hingga dua puluh juta orang. Terutama sejak PlayStation 5 dirilis.

Menurutnya game yang mereka buat adalah karya seni hiburan terbaik yang pernah dibuat di dunia. Namun pembatasan penonton yang hanya capai 20-30 juta orang membuatnya frustasi. Ryan ingin game mereka dimainkan lebih banyak orang, setidaknya hingga ratusan juta.

Tentu saja komentar Ryan menjadi hal yang cukup mengejutkan mengingat sampai detik ini PlayStation masih kukuh dengan pendirian eksklusivitasnya. Meskipun mereka sendiri telah melepas beberapa gamenya ke PC, namun ia akan dibatasi dengan judul lawas mereka.

Menariknya, rencana Sony untuk tembus pasar mobile untuk hadirkan judul PlayStation ke media portable setidaknya tahun 2022 mendatang hingga kini masih belum terealisasi.

Belum jelas apa rencana Sony untuk menghadapi perubahan industri video game yang masif ini. Namun opsi untuk merilis gamenya ke PC menjadi salah satu hal yang bisa mereka lihat kembali.

Tentu saja ini karena rivalnya sendiri, Xbox telah lakukan ekspansi besar-besaran agar tak hanya game mereka saja namun juga game yang dirilis di Xbox bisa dinikmati oleh semua platform baik console mereka sendiri maupun PC.


Baca lebih lanjut tentang Sony Interactive Entertainment atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version