Bos Square Enix: Pengembang harus Berhati-hati dengan Loot Box

fhfgh

Tetap dikecam sekaligus mulai dapat diterima, fenomena loot box di dalam dunia game AAA kini memang sudah terlanjur menyebar dan menjadi sesuatu yang mulai dimaklumi oleh sebagian besar gamer. Di satu sisi sistem ini tentunya menguntungkan developer game karena mereka bisa mendapat lebih banyak uang dari loot box ketimbang menjual item tersebut secara langsung. Namun di sisi lain, hal ini dianggap scam bagi para gamer karena mereka dapat mengeluarkan uang lebih dari harga item yang kamu ingin dan dapatkan.

Para publisher dan pengembang di seluruh game di dunia pun masih menaruh perhatian terhadap fenomena loot box ini. Sebagian setuju dengan sistem ini dan menganggap hal ini tidak merugikan para pemain, sebagian lagi secara tegas menolak menerapkan sistem ini karena dianggap tidak fair. Bos dari Square Enix pun ikut serta memberikan pendapatnya terhadap loot box. Dalam wawancaranya dalam Official Xbox Magazine UKHajime Tabata yang menjabat sebagai Direktur Square Enix itupun mengatakan bahwa ia tidak menentang sistem loot box tersebut, namun ia memperingatkan bahwa para pengembang pembuat loot box agar berhati-hati untuk tidak merusak hubungan mereka dengan para fans.

Hal tersebut tentunya lumrah mengingat sistem loot box sendiri sebenarnya bisa sama-sama menguntungkan bagi gamer dan publisher selama para pembuat loot box sendiri berlaku fair terhadap gamer yang telah mengeluarkan uang lebih untuk hal itu. Baik dalam sisi item-item dalam box maupun kegunaan dari item yang berada dalam loot box itu sendiri. Loot box yang berisi item setara tentunya akan terasa lebih adil ketimbang yang memiliki beberapa item dengan grade ataupun kelangkaan berbeda. Apalagi bila para publisher dan pengembang tersebut mengeksploitasinya dimana item tersebut berpengaruh ke dalam game dan hanya bisa didapatkan dari loot box tertentu.

Square Enix sendiri sebelumnya telah menyatakan bahwa mereka tidak akan mengimplementasikan microtransaction dalam bentuk apapun ke dalam game single player mereka. Lalu apakah hal ini memberi sinyal bahwa mereka mulai mempertimbangkan sistem loot box, mungkin memang bukan untuk game single player mereka namun bisa saja ke dalam project masa datang mereka yang berfokus pada multiplayer. Ataukah Square Enix hanya memberikan nasihat kepada para pengembang yang cenderung kebablasan dalam mengeksploitasi sistem loot box tersebut.

sumber: tweaktown

Exit mobile version