Bosen Main Mobile Legends dan AOV? Inilah 7 Game Begenre MOBA Analog yang Wajib Kamu Coba!


Follow Us

Pasang surut dalam suatu hubungan tentunya menjadi sebuah hal yang wajar. Biasanya pasang surut tersebut berujung pada berpindah kesesuatu yang baru atau tetap bertahan dengan segala kekurangannya. Namun kita bukan lagi ngomongin hubungan romantisme antara dua anak manusia ya brott, mimin lagi ngomongin hubungan antara anak manusia dengan game MOBA. Dibalik keseruannya tentunya kalian sering dihinggapi rasa jenuh dan ingin mencoba beberapa game sejenis. Oleh karena itu kali ini mimin akan berbaik hati untuk memberikan beberapa game bergenre MOBA yang wajib kalian coba selain Mobile Legends dan AOV!

Nulis artikel dibayar

1.BarbarQ

Berbeda dengan MOBA analog lainnya yang menggunakan sistem 5vs5, game yang dikembangkan oleh Electronic Soul ini menawarkan sesuatu yang berbeda dengan format permainan 3vs3vs3, jadi kamu akan bermain sebagai tim melawan 6 orang lainnya, dan bersama-sama dengan dua rekan tim mu berusaha memenangkan pertandingan. Selain itu perbedaan utama yang dimiliki BarBarQ dengan game lain adalah, tidak akanya tower, dan pertandingan hanya akan berjalan selama 6 menit saja, jadi pemenang ditentukan dari jumlah point terbanyak. Game ini sendiri memiliki tampilan pixelated 2D, dengan desain karakter yang lucu.


2.Flame X Blaze

Kesuksesan MOBA analog sepertinya telah menggoda Square Enix untuk mengembangkan game Flame X Blaze. Game dengan format 3vs3 ini akan memiliki desain karakter Chibi, dengan tampilan grafis yang memukau khas Square Enix. Secara gameplay game ini memiliki gaya yang sedikit unik, saat permainan di mulai kamu akan memiliki dua pilihan, dimana kamu bisa langsung menyerang base musuh mu atau memilih membunuh monster-monster. Uniknya saat kamu berhasil membunuh para monster dan bar mu penuh, kamu dapat memanggil semacam monster raksasa untuk membantu mu menghancurkan markas lawan. Selain itu kamu tidak perlu repot-repot mengumpulkan gold untuk membeli karakter di game ini, karena bisa didapatkan seiring meningkatnya level mu.

BACA JUGA  30 Foto Cosplay Assassin's Creed Female Version Paling "Menyegarkan"

3.Onmyoji Arena

Bagi kamu penggemar berat game bergenre RPG yaitu Onmyoji, tentunya perlu mencoba game yang satu ini. Game buatan NetEase ini akan menghadirkan karakter-karakter dari dunia Onmyoji kedalam sistem MOBA, melalui Onmyoji: Battle! Heian-Kyo. Bisa dibilang NetEase mencoba menyaingi game terkenal buatan Tencent yaitu Honor of King atau lebih dikenal dengan nama AOV di Indonesia, melalui game ini. Secara permainan Game ini memiliki sistem dan gameplay yang sangat mirip dengan game-game MOBA analog mainstream lainnya. Namun ada beberapa perbedaan yang dimiliki game ini, salah satunya adalah, luas peta petempuran akan lebih besar dibandingkan game MOBA yang lain, serta level maksimal tiap karakter mu adalah 18. Selain itu  akan tersedia 4 skill yang bisa kamu gunakan. Sayangnya game yang satu ini belum tersedia dalam versi berbahasa Inggris, sehingga akan sedikit menghambat kamu saat memaninkannya.


4.Light X Shadow

Bisa dibilang Game yang dikembang oleh Electric Soul, Light X Shadow adalah gabungan dari elemen anime dan MOBA. yang merupakan adaptasi dari komik  populer di negeri Tirai Bambu,. Game yang satu ini memiliki keunikan yang sangat mencolok dibandingan MOBA analog yang lain. Salah satunya adalah fitur switch character, dimana setiap 3 menit sekali, kamu bisa berganti hero lain yang belum digunakan kawanmu. Ketika berganti karakter, kamu masih akan tetap memiliki level dan tetap menggunakan item yang sama dengan sebelumnya. Adanya fitur pet serta Mastery hero yang akan mempengaruhi kemampuan skill karakter yang kamu mainkan, dianggap sebagai  nilai plus yang tidak di miliki game-game MOBA analog yang lain.

BACA JUGA  Tau Gak Karakter Game Ini dari Game Apa? - Street Interview #22

5.Freedom of War 2

Secara gameplay game ini sendiri kurang lebih memiliki gameplay yang sama dengan game MOBA Mobile pada umumnya, dimana akan tersedia 3 line dan 2 jungler. Namun perbedaan utama yang dimiliki Freedom of War 2 dengan game MOBA-MOBA pada umumnya adalah, tampilan graphic yang memuaku, dimana map game yang satu ini bisa dibilang merupakan gabungan dari AOV dan Vainglory. Map yang gelap khas Vainglory dan detail yang memukau disetiap sudutnya membuat game MOBA yang satu ini akan menjadi saingan utama game MOBA seperti AOV dan Mobile Legends. Untuk desain karakter sendiri game ini juga memiliki desain yang cukup unik dimana karkater-karakternya desain dengan gaya gabungan  futuristik dan moderan. Menariknya game MOBA yang satu ini juga menghadirkan karakter dari anime terkenal Kabaneri of the Iron Fortress, dimana mereka menghadirkan Mumei dan Ayame Yomogawa.


6.Inhuman Academy

Layaknya game-game MOBA lain, Inhuman Academy akan tetap menggunkan sistem 5vs5, dan menggunakan role-role wajib dalam game MOBA seperti Assasin, Support, Mage, Warrior, dan Marksman. Namun hal utama yang membedakan game ini dengan game MOBA yang lain adalah, karakter dan item yang kamu gunakan dalam game ini bisa merubah atau berevolusi, tergantung dari level dan skill yang kamu miliki. Bukan itu saja, dalam game Inhuman Academy sendiri, karakter mu bisa bergabung dengan para monster yang berada di jungle, untuk mendapatkan sebuah skill khusus, menariknya, tiap-tiap monster akan memberikan skills yang berbeda pula saat kamu bergabung dengan para monster tersebut. Secara tampilang game ini akan memiliki tampilan khas manga dan anime, dengan desain karakter yang unik dan nyentrik, yang tak dimiliki game MOBA yang lain.

BACA JUGA  2 Hero AOV Yang Kena Rework Tampilan Sebelum Rilis

7.War Song

War Song, sepertinya benar-benar pintar mengambil celah dari kelebihan dan kekurangan game-game MOBA mobile yang ada di pasaran. Salah satunya adalah masalah grafis, game ini memiliki tampilan detail yang sangat memanjakan mata dan memiliki grafis yang hampir mendekati realistis. Desain hero-hero dalam game ini akan memiliki gaya yang unik dengan ciri khas Jepang, sejauh ini ada sekitar lebih dari 20 hero yang bisa kamu pilih, dan terbagi kedalam 6 tipe, yaitu, Tank, Fighter, Marksman, Mage, Assassin, dan, Supporters. Yang membuat game ini sangat berbeda dari game MOBA mobile yang lain adalah adanya sistem Day and Night. Ketika permainan baru dimulai kamu bisa memilih menjadi kudu siang atau malam. Misal kamu memilih kubu siang, kamu akan mendapatkan buff yang memperkuat diri mu, dan tidak didapatkan oleh pemain lain yang memilih kubu malam. Sehingga tim mu harus imbang dalam pemilihan sistem Day and Night ini, agar bisa betahan saat terjadi pergantian waktu.


Berikut adalah 7 game MOBA alternatif jika kalian sedang bosan bermain Mobile Legends ataupun AOV. Keputusan ada ditangan kalian, apakah akan bertahan kepada game kedua game MOBA sejuta umat tersebut, atau mencari tantangan baru di salah satu dari 7 game MOBA diatas! Pilihan ada ditangan mu brott!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game MOBA atau artikel keren lainnya dari Andi Permana.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+