Boss Starfield Tak Terima Gamenya Dikritik Mantan Dev Blizzard karena Tampilan Start Screen

Boss Starfield Start Screen

Boss Starfield Start Screen – Projek garapan developer Bethesda bertajuk Starfield kini menjadi salah satu game yang paling diantisipasi gamer. Mengingat portofolio developer yang impresif seperti seri Fallout dan The Elder Scrolls, tak heran apabila Starfield sudah dinantikan lama oleh banyak fans.

Sayangnya, kehadiran game tak selalu disambut dengan baik. Seorang mantan developer asal Blizzard baru saja melontarkan kritik negatif terhadap game. Hingga boss gamenya pun harus turun tangan karena tidak terima gamenya ditanggapi dengan komentar buruk.

Boss Starfield Tanggapi Komentar Negatif dari Mantan Developer Blizzard Perihal Tampilan Start Screen

Game terbaru dari Bethesda

Menjelang perilisan, game Starfield sempat bocor dan beredar di internet beberapa waktu lalu. Salah satu bocoran tersebut memperlihatkan penampilan perdana User Interface dari menu awal atau biasa disebut “start screen”, yang umumnya dijumpai ketika pemain baru masuk ke dalam game.

Tanpa diduga, kehadiran menu start screen tersebut justru mendapat kritikan dari developer lain. Melalui Twitter/X, Mark Kern yang merupakan mantan developer dari Blizzard melontarkan komentar negatif terhadap pengembangan game berdasarkan tampilan menu awal.

Menurut sang developer, proses pengembangan sebuah video game dapat dinilai melalui tampilan menu awal, yang umumnya dikerjakan di tahap akhir setelah inti dari game rampung.

Dirinya menganggap penampilan menu di game tersebut yang terlalu simpel atau terlewat sederhana merupakan hasil proses penggarapan game yang terburu-buru atau developer yang “tidak peduli” akan kualitas game.

Merespon komentar negatif dari Mark Kern, pihak marketing dari Bethesda yakni Pete Hines berikan klarifikasi bahwa desain dari menu awal sebenarnya sudah dirancang sejak lama, bahkan sudah bertahun-tahun yang lalu.

Pete Hines

Hines juga membalas pernyataan Mark Kern yang menurutnya “tidak profesional” karena telah menuduh proses pengembangan gamenya hanya berlandaskan pengalaman pribadinya saja.

Gamer yang Tidak Puas Siap Review Bomb di Metacritic

Gamer yang Tidak Puas Siap Review Bomb Game Baru Bethesda di Metacritic

Selain kritikan negatif dari mantan staf di Blizzard, tampaknya berbagai macam respon negatif juga harus dialami oleh developer dari beberapa kalangan gamer. Meski Bethesda merupakan salah satu studio game yang memiliki banyak penggemar, hal tersebut tak membuatnya terhindar dari kehadiran haters.

Disamping dari “kebiasaan” developer yang sering merilis game yang penuh dengan bug, namun kali ini kecaman datang akibat game Starfield yang rencananya hanya rilis secara eksklusif di Xbox dan PC.

Hal tersebut tentu membuat geram sebagian gamer, terutama dari kubu fans PlayStation yang tidak kebagian game Starfield. Aksi protes pun sempat ramai di internet, hingga sejumlah gamer berniat membuat 1000 akun yang masing-masing bakal digunakan untuk memberikan skor negatif di situs Metacritic.

Disamping kontroversinya, Starfield hingga kini tetap menjadi salah satu game yang paling dinantikan. Layaknya game RPG garapan Bethesda sebelumnya, dunia open world yang luas dan imersif menjadi aspek utama yang sudah ditunggu-tunggu. Starfield siap rilis 6 September 2023 melalui Xbox dan PC.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Starfield serta artikel terkini dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version