Brand GPU Asal Tiongkok Siapkan Kartu Grafis untuk Saingi NVIDIA dan AMD

Innosilicon1
Mampukah bersaing dengan NVIDIA dan AMD?

Berbicara soal GPU, tidak heran apabila banyak orang yang akan langsung referensikan dua brand ternama baik NVIDIA atau AMD karena keduanya yang menguasai pasar. Pihak ketiga-pun akan bekerjasama dengan mereka jika ingin membuat chip pemroses grafis komputer tersebut. Meskipun Intel berencana terbitkan Xe, namun tak banyak orang punya pilihan lain selain dua brand tersebut.

Namun dengan menipisnya stok chip di seluruh dunia, banyak orang tak bisa mendapatkan GPU baru karena stoknya terbatas. Menariknya, perusahaan bernama Innosilicon asal Tiongkok seolah menjadi juru selamat dengan mengumumkan GPU baru yang telah mereka kerjakan selama ini.

Innosilicon Type A

Menurut laporan MyDrivers, ITHome, dan Videocardz, Innosilicon mengumumkan bahwa mereka telah membuat GPU Fantasy One baru berbasis BXT Imagination graphics berkat kerjasama kedua perusahaan.

Sayangnya belum jelas seperti apa GPU baru tersebut karena spesifikasinya cukup mirip dengan RX 6700 XT dan RX 6600 XT dalam urusan kekuatan. Innosilicon mengklaim bahwa GPU barunya miliki 16GB GDDR6(X) RAM dengan Type A yang miliki kekuatan sebesar 5TFLOPs.

Innosilicon juga umumkan Type B dari GPU barunya yang merupakan dual-GPU dengan dua Fantasy One di dalamnya yang teralisasi berkat konektor bernama Innolink. Berkat ini ia bisa capai kekuatan 10 TFLOPs dan 32GB GDDR6(X) RAM.

Hal menarik lainnya adalah bahwa GPU Innosilicon ini akan mendukung semua API yang bisa digunakan seperti OpenGL, OpenGL ES, OpenCL, Vulkan, dan DirectX meskipun belum jelas versinya.

Innosilicon Type B

Belum jelas seperti apa GPU baru dari Innosilicon ini akan bisa saingi NVIDIA atau AMD karena hingga saat ini masih belum diuji coba dan informasinya masih terlalu minim. Benchmark video game dan render 3D-pun masih belum mereka berikan sama sekali. Bagaimana menurutmu?


Baca lebih lanjut tentang Berita, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version