Brave Browser Kedapatan Memasang VPN Tanpa Seizin Penggunanya, Kok Bisa?

Brave Browser Kedapatan Memasang Vpn

Dikenal sebagai browser yang menawarkan perlindungan privasi yang cukup andal, Brave Browser kedapatan memasang VPN tanpa seizin penggunanya. Hal ini sontak menjadi sorotan, mengingat browser ini selalu mengedepankan keamanan dan perlindungan data.

Brave Browser Kedapatan Memasang VPN Tanpa Seizin Penggunanya

Browser yang menjadi sedikit kurang transparan

Terkait masalah Brave Browser kedapatan memasang VPN tanpa izin penggunanya ini kali pertama ditemukan oleh Ghacks, yang menginformasikan bahwa browser yang terkenal dengan promosi keamanan berinternet justru melakukan hal yang tidak seharusnya.

Berdasarkan temuannya, ketika Brave Browser sudah dipasang pada PC, besar kemungkinan akan terdapat Brave VPN Services yang akan terpasang secara otomatis yang bisa kamu cek pada Services di sistem operasi. Parahnya, hal tersebut dilakukan tanpa izin dari penggunanya.

Bisa dicek di Service

Kalau kamu penasaran, cara mengeceknya pun gampang:

Jika kamu melihatnya, maka Brave benar-benar telah memasangnya tanpa seizinmu selaku pemilik PC, namun untuk lebih amannya, kami menyarankanmu untuk menonaktifkannya dengan klik kanan lalu tekan Disable pada semua service berbasis Brave.

Selain menonaktifkannya, kamu juga bisa menghapus, namun tidak menutup kemungkinan Brave akan kembali memasangnya bila mana dirasa dibutuhkan oleh browser tersebut.

Sudah Dilakukan Semenjak Tahun 2022

Fitur Firewall dan VPN di Brave

Heboh Brave Browser kedapatan memasang VPN tanpa seizin penggunanya ini ternyata sudah dilakukan semenjak tahun 2022. Di mana Brave Firewall dan VPN merupakan satu paket yang disertakan untuk kemudian dapat diaktivasi para penggunanya bila mana dibutuhkan.

Selain memasang tanpa seizin penggunanya, yang lebih menghebohkan adalah ternyata layanan VPN ini berbayar – tidak murah, karena ada di kisaran 150 Ribuan Rupiah untuk tiap bulannya.

Sontak, hal tersebut langsung menuai sorotan dan protes dari para penggunanya, karena aplikasi browser yang senantiasa mengedepankan privasi entah bagaimana bisa melakukan hal ini kepada user setianya. DaveM, salah satu user Brave mengeluhkan hal tersebut di situs Privacy Guides.

Ternyata banyak yang mengeluhkan hal ini selain Dave

“Sebagaimana yang dialami oleh pengguna lain, saat aku memperbarui Brave Browser di Windows muncul notifikasi di mana Brave VPN Service telah terpasang, dan aku melihat ikon Brave VPN tepat di sebelah jam pada taskbar.”

DaveM

Netizen lain membenarkan hal tersebut, dan juga mengeluhkan hal serupa, bahkan sampai mempertimbangkan untuk menghapus Brave Browser dari PC yang ia gunakan karena dirasa mengecewakan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version