7 Browser Terbaik Selain Google Chrome yang Patut Kalian Coba di Tahun 2023

Browser Terbaik

Browser Terbaik – Jika membahas soal internet tentu tidak jauh dari yang namanya peramban atau browser. Tanya saja pada pengguna smartphone atau komputer apa saja yang mereka lakukan di internet. Jika tidak berselancar di dunia sosial media ya tentu saja berkelana lewat browser.

Tapi pilihan peramban tentu sudah banyak belakangan ini. Mulai dari yang terkenal seperti Google Chrome hingga yang sudah terlupakan seperti Firefox buatan Mozilla. Masing-masing tentu punya kelebihannya sendiri.

Tapi membahas soal yang terbaik tentu bukan pilihan yang gampang. Apalagi jika melihat kita semakin butuh web browser terbaik untuk mengakomodasi perjalanan kita di dunia maya. Tapi menggunakan Chrome tentu bisa dikatakan terlalu membosankan atau lebih tepatnya membutuhkan resource yang lebih besar. Mengingat Chrome memang terkenal banyak memakan RAM.

Browser Terbaik yang Bisa Kalian Coba di Tahun 2023

Alternatif browser selain Google Chrom yang bisa kalian coba

Berikut kami sudah mengumpulkan 7 peramban yang cocok kalian gunakan jika memang mencari alternatif Google Chrome. Tanpa basa-basi lagi mari kita mulai saja pembahasannya.

1. Microsoft Edge

Edge kini sudah tidak seperti dulu

Ya kalian tidak salah baca. Edge buatan Microsoft masuk dalam daftar ini. Alasannya juga sebenarnya sangat valid, Edge sudah mengalami banyak perubahan kearah yang lebih baik setelah berganti menggunakan Chromium.

Meski berdasarkan Chromium, Edge bisa lebih leluasa apalagi bila kalian menggunakan banyak jasa dari Microsoft lainnya seperti akun Microsoft dan Office. Berbagai bug dan glitch yang hadir di awal Edge sudah bisa dikatakan absen di tahun 2023 dan menjadikan pengalaman browsing tidak kalah dari peramban pihak ketiga.

2. Vivaldi

Buat kalian yang produktif

Bosan dengan tampilan peramban yang itu-itu saja dan ingin mengubah suasana? Vivaldi mungkin adalah jawaban paling tepat yang sedang kalian cari. Peramban ini memang didesain untuk bisa diubah tampilannya dan membuat penggunanya tidak bosan.

Fitur yang diberikan juga cukup seabrek jadi untuk seorang power user sekalipun tidak begitu memerlukan extension. Tapi meskipun begitu kalian tetap bisa menggunakan extension dari Chrome karena masih merupakan Chromium-based.

3. Brave

Pilihan peramban secure

Peduli dengan privasi yang semakin hari semakin berkurang di jagat internet ini? Mungkin pilihan yang satu ini cocok untuk kalian gunakan. Fitur utama dari Brave tentu saja adalah Brave Shield. Selain bisa menghentikan pelacak iklan, dan juga situs yang tidak aman.

Peramban ini juga mempunyai VPN sendiri yang terintegrasi. Dipadukan dengan mesin pencari DuckDuckGo semakin memperkuat jejak kalian di dunia maya tidak begitu signifikan dibanding menggunakan peramban konvensional lainnya. Tapi, tentu peralihan ini membutuhkan waktu untuk menyesuaikan, tidak semua orang terbiasa absen dari produk Google sepenuhnya.

4. Tor Browser

Buat yang nyari privasi penuh

Jika kalian orang yang parno di dunia maya. Mungkin Tor adalah pilihan yang patut dilirik. Dibuat berdasarkan Firefox tidak menjadikannya lebih buruk. Namun kegunaan Tor mungkin sedikit berbeda dibanding browser lain di list ini.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Tor benar-benar peramban yang didesain untuk pengguna yang mengerti apa kemauan mereka. Seperti tingkat privasi dalam level ekstrim. Tor sendiri menggunakan jaringan Tor layer yang bisa saja membuat pengalaman browsing lebih lambat. Oleh karena itu juga pengguna disarankan menggunakan VPN agar lebih aman lagi tentunya.

5. Safari

Buat yang menggunakan produk apel tergigit

Kalian mungkin mengenal peramban ini sebagai buatan Apple. Benar saja memang pengguna produk Apple tentu tidak mungkin tidak kenal dengan peramban yang satu ini. Namun jika kalian berpikir bahwa ingin mencoba yang lain karena menganggap ada yang lebih baik dari bawaan iPhone misalnya, mungkin kalian harus pikir-pikir lagi.

Ekosistem Apple memang sangat ketat, hal ini juga terbawa ke peramban buatan mereka. Apple sendiri sengaja mendesain pengalaman menggunakan Safari senyaman mungkin di produk buatan mereka jadi peramban pihak ketiga terlihat tidak semenarik bawaan smartphone. Jadi, tidak ada salahnya untuk tetap menggunakan Safari. 

Lain halnya jika kalian adalah pengguna Android atau Windows, sebaiknya jauhi yang satu ini. Optimisasi yang kurang bagus juga membuat pengalaman menggunakan peramban khas Apple ini tidak semulus ketika menggunakan Mac, atau iPhone misalnya. Jadi jika kalian tidak bermaksud pindah ekosistem, sebaiknya cari alternatif lain saja.

6. Mozilla Firefox

Alternatif yang terlupakan

Memang popularitas Firefox sudah tidak sebaik dulu ketika Google belum menguasai pasar peramban secara masif. Tapi meski begitu, Firefox masih merupakan sebuah peramban yang cukup baik. Setelah semua peramban yang berpindah ke Chromium, hanya sisa Firefox yang masih bertahan dengan source sendiri.

Soal fitur tentu tidak perlu diragukan, Firefox memang belakangan ini menjunjung privasi browsing yang makin marak digaungkan oleh pengguna. Jadi jika kalian bosan dengan Chromium-based browser di pasaran, tidak ada salahnya kembali mencoba Firefox.

7. Opera GX

Gaming yang ternyata tidak sekadar gimmick

Walau awalnya terdengar gimmick belaka karena memposisikan diri sebagai browser gaming. Fitur yang ditawari ternyata cukup masif dan signifikan juga perbedaannya. Tampilan yang ala-ala gamer ini juga tidak serta-merta soal estetika belaka.

Banyak fitur seperti pop-up windows ketika menonton video YouTube dan juga limitasi penggunaan resource seperti CPU dan RAM ketika kalian browsing juga bisa dikatakan tidak sekadar bualan belaka. Kalian tetap bisa mengalokasikan kemampuan komputasi ketika bermain game tanpa termakan oleh peramban. Jadi bisa dikatakan gimmick gamingnya bukan hanya sekadar gimmick.

Itulah 7 peramban yang bisa kalian coba selain Google Chrome untuk tahun 2023. Bagaimana apa peramban yang sedang kalian gunakan dan apakah bermaksud menggantinya dalam waktu dekat, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version