Buat Review Palsu, Game Indie Ini Langsung Dihapus Valve dari Steam

i.kinja img.comgawker mediaimageuploads 1yJqeo7i c scalefl progressiveq 80w 800pm8on56oqxoowtbdajpc de79d39db56f779270f597fa228ae09c6c4685bb

Kritik negatif tak selalu menjadi hal yang buruk untuk developer. Apabila developer tersebut mau mengambil hikmah dari kritik yang dia dapatkan, mereka bisa perbaiki game tersebut menjadi lebih baik atau membuat game lain yang lebih baik di kesempatan selanjutnya.

Sebagai contoh mudahnya saja, dev. dari Five Nights at Freddy’s kini menjadi sukses setelah dengan lapang dada menerima ejekan dari para gamer dari game-game lamanya. Sayangnya, kritik negatif tak selalu mau diterima si pembuat game, Matan Cohen adalah salah satunya.

Art of Stealth, game yang dia rilis di Steam mendapat banyak review negatif dari banyak pemain dalam beberapa hari terakhir. Bahkan sang Youtuber sekaligus kritikus game yang terkenal sinis, Jim Sterling, adalah salah satu yang membuat review negatif tersebut dengan menyebut game tersebut sebagai “benar-benar sampah”.

Tak terima komentar negatif Sterling, Matan Cohen memutuskan untuk melaporkan video tersebut ke Youtube untuk segera dihapus karena menurutnya Sterling “tidak menghargai kerja keras para software engineer yang telah habiskan 5 tahun belajar programming,” sekaligus menantangnya untuk menulis satu baris kode saja.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Tak hanya itu, Cohen juga mencoba untuk menaikkan rating gamenya di Steam dengan membuat banyak-banyak akun palsu lalu memberikan game tersebut review positif. Usahanya tentu sia-sia saja setelah ketahuan oleh pihak Valve. Alhasil? Gamenya langsung dihapus dari katalog Steam dan Valve tak mau untuk berkerja sama lagi bersama Cohen karena telah melanggar peraturan baru Steam soal review palsu.

Mungkin ini akan jadi pelajaran untuk para developer lain khususnya yang indie untuk tetap berpikir positif disaat menerima komentar yang negatif dari pembeli game mereka sendiri. Dan ini mungkin juga sudah saatnya untuk Valve untuk sedikit lebih memerhatikan game apa yang berada di Steam Greenlight mereka agar hal seperti ini tidak terjadi lagi.

Source: Kotaku

 

Exit mobile version