Bukan Metaverse, Hyundai Justru Berencana Buat Dunia Penuh dengan Robot

Hyundai Metaverse Atau Robotverse

Efek dari tren metaverse tampaknya berhasil mendorong sebuah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dari Negeri Ginseng, Hyundai. Perusahaan ini tampaknya benar-benar memandang metaverse dari sudut pandang berbeda. Bukan metaverse layaknya besutan Meta, namun Hyundai justru berencana buat dunia penuh dengan robot.

Robotverse, atau Metaverse?

Keseriusan Hyundai dalam memproduksi otomotif tentu tak usah kita ragukan, begitu pula bila menyangkut semua yang berbau robot-robotan. Akhir tahun lalu, Hyundai bahkan memamerkan sebuah konsep robot di mana ia bisa membawa benda apapun, tentunya dalam bentuk kecil.

Bila kalian penasaran, konsep robot tersebut bisa kalian lihat di bawah ini:

Dari video berisikan konsep yang tawarkan kemudahan ala Hyundai di atas, tampak keseriusan Hyundai yang lebih condong ke robotverse. Penamaan robotverse tidaklah resmi, melainkan sebutan dari penulis untuk mereka yang benar-benar memfokuskan dirinya untuk era yang penuh dengan robot.

Bila kita sebelumnya sudah mendengar konsep “Internet of Things”, Hyundai justru memamerkan kekuatannya melalui konsep “Mobility of Things”. Inti dari konsep besutan perusahaan dari Korea tersebut bertujuan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas fisik.

Konsep Plug and Drive (PND)

Dong Jin Hyun, selaku vice president dan ketua dari Robotics Lab of Hyundai Motor Group, membenarkan hal tersebut. “Ada banyak sekali hal-hal yang bisa kita robotisasi. Tujuan robotverse kami adalah di mana semua kemudahan dapat dinikmati umat manusia. Mulai dari mobilitas, komunikasi, maupun melakukan sesuatu secara otomatis,” tandasnya.

Berdasarkan informasi dari Hyundai, setidaknya mereka tengah kembangkan dua standards yang memiliki fungsi yang berbeda pula. Di antaranya adalah modular platform bernama ‘Plug and Drive’ (PND), dan suspension hardware bernama ‘Drive and Lift’ (DNL).

PND kombinasikan kemampuan menyetir, sedangkan DNL mampu mengangkat dan menurunkan sebuah objek.

Konsep Drive and Lift (DNL)

Sebelumnya, kita mungkin sudah pernah mendengar konsep serupa melalui manga Doraemon, namun tampaknya hal ini akan menjadi sebuah kenyataan nantinya. Konsep “Mobility of Things” besutan Hyundai ini benar-benar tampakkan bermacam kemudahan layaknya abad 21 yang digambarkan pada manga Doraemon tersebut.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version