Bukan Omong Kosong, Doom Eternal Ternyata Memang Bisa Dimainkan di 1000 FPS

2020 08 27 Image 4

Sebelum rilis, Id Software pernah ungkap bahwa Doom Eternal bisa dijalankan hingga 1000 FPS, namun kemungkinan besar hardware sekarang belum ada yang mampu jalankan game dengan framerate setinggi itu.

X-Kom, retailer hardware dan tim overclocker asal Polandia berhasil buktikan bahwa omongan dari developer tersebut bukan omong kosong. Mereka berhasil tembus 1000 FPS di Doom Eternal dan yang menarik ialah mereka mencapainya dengan hardware sekarang sekarang.

Dengan kombinasi Intel i7-9700K yang di-overclock hingga 6.6 Ghz serta RTX 2080 Ti dengan kecepatan 2.4Ghz, X-kom manfaatkan nitrogen/LN2 untuk mendinginkan komponen PC. Hardware tersebut memang bisa kamu miliki sekarang, namun overclock hingga kecepatan setinggi itu tentu tidak direkomendasikan untuk pengguna biasa. Hasil yang dicapai oleh Piotr “Lipton” Szymanski dan Marcin “Ryba” Rywak ini hanyalah uji kuat hardware yang mereka miliki serta bukti optimisasi luar biasa dari IdTech 7.

Tak ada alasan untuk bermain dengan framerate setinggi itu, setidaknya untuk saat ini. Refresh rate tertinggi yang dapat dicapai monitor sekarang ialah 360Hz, maka mencapai 1000 FPS belum lah ideal dan mayoritas gamer masih “betah” dengan 60 FPS untuk sekarang. Namun lagi-lagi ini adalah bukti kalau omongan dari developer Doom Eternal bukan sekedar teori semata.

Sebagai referensi semata, berikut spesifikasi lengkap yang digunakkan oleh tim X-Kom pada eksperimen mereka ini:


Baca pula informasi lain terkait Doom dan review Doom Eternal kami beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Exit mobile version