Bukan PUBG, Inilah 26 Game Battle Royale PC dan Android yang Bisa Buat Mabar Sekarang Juga!

pubg ban

Battle royale, mungkin itulah genre yang bisa dibilang exhausted atau melelahkan untuk terus dibahas. Sejak perilisan PlayerUnknown’s Battlegrounds atau PUBG, mendadak semua developer PC maupun mobile, latah untuk mengikuti tren tersebut. Siratkan keinginan tak mau kalah saing dan berlomba untuk menciptakan sesuatu yang sedang in dengan elemen yang mirip.

Orisinalitas dan unik menjadi tuntutan banyak player untuk mengajak sanak saudara maupun rekannya memainkan game yang berbeda dari game buatan Brendan “PlayerUnknown” Greene tersebut. Namun tak jarang, banyak game yang seolah hanya copy-paste formula utama PUBG dan memberikan bungkus yang berbeda. Buat pasarnya terlalu crowded dengan game yang super duper mirip.

Di sisi lain, masih banyak pula developer yang menjunjung tinggi orisinalitas dan berusaha untuk berbeda dari yang lain. Berikut game bukan PUBG PC dan Android yang bisa buat mabar sekarang juga.

PC

1.Apex Legends


Muncul dengan tak terduga, Apex Legends hadirkan gameplay battle royale dengan gabungan hero shooter lengkap dengan abilitynya masing-masing. Didesain dengan mengutamakan kerjasama tim, kamu akan terjun di dunia open world bernama Kings Canyon bersama dua orang rekanmu. Kamu akan melawan setidaknya 20 tim dengan total 60 player dalam satu arena. Game ini langsung meroket sejak perilisannya dan sempat trending, terlebih ia rilis nyaris tanpa bug sama sekali. Kini, Respawn Entertainment selaku developer masih terus memperbaiki kontennya.

2.Battlefield V: Firestorm


Ikuti ramainya genre battle royale, DICE dan EA sepertinya tak mau kalah untuk terjun di dalamnya dengan mode Firestorm Battlefield V. Mode yang mendukung 64 player dengan visual memesona tersebut akan ajakmu menelusuri map terbesar yang pernah ada dalam sejarah Battlefield. Tidak ada tempat untukmu sembunyi karena nyaris semua bangunan gamenya bisa dihancurkan. Circle ikonik yang dipopulerkan PUBG mereka ganti dengan badai api sesuai judulnya.

3.Battlerite: Royale


Apa jadinya kalo MOBA dijadikan battle royale? Inilah yang dilakukan oleh Stunlock Studios di Battlerite: Royale. Mulai masa early accessnya pada bulan September 2018, game ini miliki map tiga puluh kali lebih besar dibanding arenanya saat ini. Kamu akan berkompetisi bersama 19 player dengan total 20 player dalam satu arena menggunakan salah satu dari heronya.

4.Call of Duty Black Ops 4: Blackout


Selalu dikaitkan dengan Battlefield, rupanya Activision dan Treyarch tak mau kalah dengan merilis Call of Duty Black Ops 4 dengan mode battle royalenya, Blackout. Berbeda dari iterasi sebelumnya, Black Ops 4 hanya fokus pada multiplayer saja lengkap dengan semua gadget yang pernah muncul di iterasi sebelumnya. Kamu bisa gunakan grappling hook, hingga menyusuri map yang beberapa bagiannya sengaja dibuat sama persis dengan lokasi yang ada dalam seri sebelumnya. Ia juga masih mempertahankan gameplay berkecepatan tinggi khasnya.

5.Counter-Strike: Global Offensive – Danger Zone


Mengikuti trend memang sesuatu yang wajib bagi setiap perusahaan jika mereka ingin bertahan hidup, bahkan untuk game sekelas Counter-Strike: Global Offensive sekalipun yang sudah terkenal akan jatinya. Berpindah ke model bisnis free-to-play, Danger Zone akan ajakmu untuk mengelilingi map cukup luas demi bertempur bersama banyak orang. Kamu bisa solo atau dengan 2-3 player dalam satu grup. Berbeda dengan kebanyakan game battle royale lain, Valve rupanya masih tetap mempertahankan pace CSGO yang cepat dengan total 18 player dalam satu map. Selain itu fitur beli senjata juga masih menjadi ciri khasnya.

6.Cuisine Royale (Early Access)


Jika semua game battle royale terkesan sangat serius, maka tidak untuk Cuisine Royale. Game gratis yang satu ini punya cukup kemiripan dengan PUBG. Bedanya? Dia menggunakan perabotan masak untuk bertempur di area open world yang luas. Game yang awalnya dibuat hanya untuk April mop tersebut sontak jadi populer berkat keunikannya. Tidak, tidak ada terjun dari pesawat maupun lobby. Karena loot and shoot adalah jalan ninjanya.

7.Darwin Project (Early Access)


Pernah nonton film The Hunger Games? Jika ya, mungkin Darwin Project bisa menjadi game yang cukup mirip dengan “permainan” yang ada pada film yang dibintangi bintang yang pernah memerankan karakter Mystique dari X-Men tersebut. Game ini bersetting di dunia bersalju di mana kamu akan bertindak sebagai partisipan program riset distopia. Tidak hanya bergelut dengan waktu karena circle semakin mengecil, kamu juga akan bersaing dengan player lain yang bisa melakukan tracking jejak kakimu di salju. Sayang, proyek yang awalnya berbayar ini akhirnya digratiskan karena playernya yang tidak begitu banyak.

8.Egress  (Early Access)


Pernahkah kamu berpikir jika Dark Souls dan Bloodborne dijadikan game battle royale? Egress merealisasikan imajinasi tersebut dengan cukup baik. Berbeda dengan game serupa lain yang menggunakan circle sebagai ancamannya. Egress menggunakan air yang semakin lama semakin tinggi. Memaksamu harus memanjat dataran tinggi agar tak tenggelam. Ia miliki class unik yang berbeda-beda dan bisa dimainkan secara solo maupun tim.

9.Fractured Lands (Early Access)


Vigilante dan Twisted Metal mungkin menjadi segelintir dasar permainan vehicular combat battle royale arena yang diangkat oleh Fractured Lands. Kamu akan bertempur menggunakan mobil yang akan mengambil senjata yang tersebar di penjuru map gurun pasir layaknya Mad Max. Tak hanya senjata, kamu juga bisa memodifikasi mobilmu. Lalu, bagaimana jika mobilmu hancur? Tenang! Kamu bisa membunuh lawanmu meskipun dengan berjalan kaki. Game ini telah masuki masa early access sejak bulan Agustus 2018 yang lalu.

10.Fortnite Battle Royale


Sejak kemunculannya, jelas Epic Games ingin langsung menyaingi PlayerUnknown’s Battlegrounds menggunakan keunikan Fortnite yang awalnya didesain sebagai game survival zombie horde dengan base building. Hasilnya? Sangat memuaskan. Terbukti banyak orang barat tersihir dengan nuansa dan tema kartunis gamenya. Bahkan hingga detik ini, gamenya masih menjadi salah satu game battle royale terpopuler di jagat gaming.

11.Maelstrom (Early Access)


Jika semua battle royale hanya mengandalkan run, loot, and shoot sebagai mekanik utamanya lengkap dengan tambahan unik lain agar ia berbeda. Maka, Maelstrom bisa dibilang benar-benar fresh. Karena ia menggunakan elemen fantasi dan kapal laut sebagai konsep utamanya. Kamu bisa memilih beberapa ras seperti manusia, orc, atau dwarf. Setiap ras memiliki style kapalnya masing-masing. Uniknya lagi, ia juga hadirkan monster laut yang akan melumatkan kapalmu jika kamu terlalu lama di laut mati dan jauh dari safe zone. Sayang, konsepnya yang unik belum tersebar dengan sangat baik. Akibatkan belum banyak player yang memainkannya.

12.Rapture Rejects (Early Access)


Oke yang ini memang terdengar agak bodoh, namun cukup menarik. Jika kamu pernah mengikuti webcomic Cyanide and Happiness, maka Rapture Rejects merupakan game yang wajib kamu mainkan. Game top-down isometric battle royale ini akan bersetting setelah mereka ditinggalkan oleh orang-orang yang mengalami pengangkatan. Kamu akan diterjunkan dalam arena bersama 99 player lain untuk bertempur demi sebuah hadiah: surga di sisiNya.

13.Realm Royale (Early Access)


Mungkin hal yang bisa menggambarkan secara gamblang dari Realm Royale adalah jika Overwatch dijadikan battle royale. Yup, game yang awalnya bernama Paladins: Battlegrounds ini diubah namanya menjadi Realm Royale. Game yang sebelumnya sering dimirip-miripkan dengan IP baru Blizzard tersebut rilis versi standalone barunya dalam bentuk battle royale. Gameplaynya sama seperti game hero-shooter pada umumnya, dengan ability yang menjadi senjatanya. Namun dengan map luas, level, craft, dan loot.

14.Ring of Elysium

https://www.youtube.com/watch?v=Yc_oOT4TcWM


Bisa dibilang, Ring of Elysium adalah versi KW-supernya PlayerUnknown’s Battlegrounds. Sempat buka closed beta di Garena Indonesia, game ini bagai ditelan bumi di Indonesia. Entah berkat ada cheater lokal yang sudah mulai menjangkitinya (ya, saya tau ini gila, masih closed beta sudah ada cheaternya), atau hal administratif lain dari Garena Indonesia. Di sisi lain, gamenya terus meroket popularitasnya di Amerika dan Eropa. Sayang, versi Steamnya masih diblokir di Indonesia, buat kamu yang ingin memainkan gamenya harus ke Garena Thailand yang hingga detik ini masih ditopang oleh Tencent.

15.Super Animal Royale (Early Access)


Unik dan lucu, itulah kata yang terlintas saat Super Animal Royale. Game top-down looter shooter ini akan menerjunkan binatang-binatang lucu seperti harimau, kucing, dan yang lain dari bebek raksasa untuk bertempur bersama 99 binatang lainnya dengan senjata api. Lucunya, kendaraan transportasi yang digunakan bukanlah sebuah mobil, namun bola hamster. Kamu bisa mencobanya gratis di website resmi di atas dan membelinya untuk mendukung pihak developer.

16.Totally Accurate Battlegrounds


Satu lagi game battle royale bodoh yang wajib kamu mainkan. Totally Accurate Battlegrounds miliki animasi ragdoll physics yang membuat karaktermu terlihat loyo dan tak bersemangat. Ia adalah versi bodoh dari PUBG dengan segala keseriusannya.

17.Spellbreak


Jika battle royale biasa terlalu umum, mungkin kamu akan tertarik dengan Spellbreak. Game yang masih dalam masa closed alpha ini akan hadirkan 100 penyihir dalam satu map luas. Ya, kamu tak salah membacanya. Sesuai judul, kamu akan bertempur layaknya Harry Potter dan mengadu kepiawaianmu dalam menggunakan sihir. Terdapat bermacam-macam elemen sihir dari api, air, es, hingga listrik/petir. Setiap elemen sihir miliki banyak sekali tipe, mulai dari serangan jarak jauh, menengah, dan dekat. Kamu juga bisa memiliki sihir barrier dan terbang menggunakan sapu terbang.

Android

Karena banyak sekali game yang cukup mirip satu sama lain atau kloningan yang kebanyakan datang dari developer China. Maka kami akan memfilter list untuk versi Android. Jadi, mungkin kamu takkan menemukan game yang “seharusnya” masuk dalam list berikut.

1.Battlelands Royale

https://www.youtube.com/watch?v=SYfn-DdXZhM


Battlelands Royale merupakan game battle royale top-down dari Futureplay. Ia hadir dengan 32 orang dalam satu arena. Buat permainannya cukup singkat antara tiga sampai lima menit. Tak ada hal baru yang disajikan di sini selain top-down. Sayang, gamenya hadir dengan cukup banyak masalah, salah satunya adalah lag.

2.Fortnite (BETA)


Here we go again. Sama seperti versi PC-nya, Fortnite hadir dengan base-buildingnya yang unik. Berikan orisinalitas yang cukup unik dengan membawa sensasinya dari versi PC. Meskipun masih dalam masa beta, terbukti game ini berjalan dengan cukup baik. Belum ada kejelasan kapan gamenya akan dirilis secara global dan keluar dari versi beta.

3.Free Fire


“Battle royale kok ngga ada pintunya”, itulah kalimat yang sering dilontarkan oleh para millenial Indonesia di internet tentang Free Fire. Game yang notabene keluar lebih dahulu dibanding versi PC PlayerUnknown’s Battlegrounds ini hadirkan battle royale di Android dengan 50 player dan bangunan yang… tepat sekali, tanpa pintu. Gameplaynya cukup standar sama seperti game battle royale pada umumnya. Game ini sangat populer di Indonesia, mengingat spesifikasi smartphone yang dibutuhkan tidak cukup tinggi.

4.Super Mecha Champions


Jika kamu fans Titanfall, Gundam, atau serial anime robot lain seperti Magingzer Z namun kecewa karena Apex Legends tak hadirkan robot raksasa. Maka Super Mecha Champions adalah alternatifmu untuk dapatkan sensasi robot raksasa dalam game battle royale. Konsepnya yang cukup revolusioner buatnya jadi salah satu game battle royale Android yang cukup dinikmati banyak orang. Sayang, balancing beberapa robot tentu menjadi masalah yang sering muncul, terlebih dengan kontennya yang masih minim. NetEase sepertinya cukup serius menggarapnya, mengingat banyaknya voice actor dari beberapa game ternama yang mereka undang seperti voice actor Jepang dari 2B (NieR: Automata). Komposer musik dari serial Gundam yang dibayar untuk ciptakan musiknya juga salah satu bentuk keseriusan perusahaan saingan utama Tencent tersebut.

5.ZombsRoyale.io


Rata-rata game battle royale memang miliki mekanisme yang sama, tak terkecuali ZombsRoyale.io. Meskipun begitu, game ini dijamin ringan karena gratis 2Dnya. Kontrol simplenya buatmu takkan kesulitan untuk memainkannya. Tampilan sudut pandang top-down jadikan gamenya seperti Hotline Miami dalam konteks sudut pandangnya. Sayang, gamenya terkadang tak begitu stabil.

6.Rules of Survival


Rules of Survival ini sangat amat mirip dengan PlayerUnknown’s Battlegrounds. Yang membuatnya berbeda adalah jumlah playernya dalam setiap match. Jika PUBG hanya 100 orang saja, maka Rules of Survival akan hadir dengan 300 orang dalam satu match. Sisanya? Cukup generik dan sama saja.

7.Overdox


Overdox mungkin adalah tipe battle royale unik lain yang sempat muncul di pasaran. Alih-alih menggunakan senapan untuk bertahan hidup, pihak developer justru alihkan penggunaan senjata jarak jauh dengan pedang dan senjata jarak dekat lain. Mapnya yang cukup kecil mendukung 12 player yang ada dalam setiap permainan. Berikan kesempatan untuk bertempur satu sama lain dalam waktu yang cukup singkat. Gamenya sendiri juga menawarkan beberapa outfit atau baju keren dari beberapa manufaktur fiksi yang developer sediakan.

8.Eclipse Isle


Nah kalau yang ini mirip-mirip dengan Overdox. Bedanya, Eclipse Isle akan pertemukanmu bersama 59 player lain dalam sebuah map besar dengan kemampuan heronya masing-masing. Mulai dari melee hinga range. Senjata versi meleenya juga beragam, baik dari pedang hingga tangan kosong. Menariknya, game battle royale anime hero ini gabungkan elemen RPG di dalamnya. Alih-alih menggunakan senjata karena tiap hero miliki senjatanya masing-masing. Kamu diwajibkan untuk upgrade skillmu agar lebih kuat. Terdapat empat skill dan serangan standar biasa yang bisa kamu lancarkan.

9.Survival Heroes


Game ajaib selanjutnya adalah Survival Heroes yang gabungkan elemen MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena seperti DotA dengan genre battle royale. Gameplaynya kurang lebih sama dengan Overdox, namun dengan 100 player. Dalam gamenya, terdapat 8 senjata yang bisa kamu gunakan, seperti pedang, bola sihir, tongkat sihir, dan busur panah. Setiap senjata miliki levelnya masing-masing. Sistem leveling juga cukup mirip dengan game MOBA lain dengan 3 buah skill yang disediakan untuk membunuh para monster hutan/creep yang tersebar dalam gamenya.


Itulah 26 game battle royale bukan PUBG yang bisa buat mabar sekarang juga. Kamu yang mungkin miliki list lain yang belum masuk dalam daftar berikut bisa menambahkannya lewat komentar di facebook. Sementara bagi kamu yang ingin artikel kayak gini lagi bisa mengunjungi G|List.

contact: akbar@gamebrott.com

Exit mobile version