Bungie Kini Berpisah dari Activision, Tetap Pertahankan Hak Milik dari Destiny

destiny 2

Setelah 8 tahun lebih berkerja sama, Bungie Software, developer dari Destiny umumkan telah berpisah dari Activision sebagai publisher game mereka. Hak milik dari Destiny sendiri masih berada di tangan studio asal Amerikat Serikat ini.

Meskipun telah memegang penuh kontrol dari IP tersebut, tidak akan ada perubahan drastis terhadap game ini kedepannya. Seluruh konten post-launch yang telah diumumkan masih tetap dikerjakan serta game akan tetap berada di Battle.net untuk versi PC.

Berikut pernyataan yang dikeluarkan oleh pihak Bungie maupun Activision:

“Mulai hari ini, kami mengumumkan rencana Bungie untuk memegang penuh hak penerbitan dan tanggung jawab dari franchise Destiny. Untuk kedepannya, Bungie akan memegang kepemilikan dan mengembangkan sendiri franchise mereka, dan Activision dan meningkatkan fokus pada IP milik mereka sendiri serta proyek lain. Activision dan Bungie berkomitmen atas transisi untuk franchise Destiny dan akan terus berkerja sama secara erat selama proses transisi atas nama komunitas pemain Destiny yang ada di seluruh dunia.”

Meskipun kedua game Destiny pada dasarnya sukses besar, Activision sempat ungkapkan rasa kekecewaan mereka akan performa Destiny 2: Forsaken. Ekspansi dari game kedua ini dianggap “tidak memenuhi ekspektasi” mereka dan sebagai jawaban dari masalah tersebut, mereka sebagai publisher ini memonetisasikan lebih banyak microtransaction di game. Luke Smith, game director dari Bungie juga sempat merespon secara terbuka bahwa mereka puas dengan hasil akhir dari Forsaken. Mereka hanya ingin ekspansi tersebut menjadi sesuatu yang akan dicintai fans dan lewat resepsi yang didapatkan, mereka merasa telah berhasil (via PC gamer).

Selain dari penjualan yang tidak memenuhi ekspektasi ini, salah satu ketegangan terbesar antara kedua pihak adalah keharusan Bungie untuk terus kembangkan sesuatu mau itu game baru maupun ekspansi baru untuk tiap musim gugur (via Kotaku). Kini dengan telah kembali menjadi studio independen, Bungie tidak lagi terbatasi oleh jadwal semacam ini.

Apa gerakan Bungie selanjutnya setelah berpisah dari Activision ini, apakah akan menjadi publisher baru atau akan tetap menjadi independen untuk proyek berikutnya? Kita lihat saja nanti.


Baca berita lainnya terkait Destiny serta artikel lain dari penulis ini.

Exit mobile version