Burger King Dikritik Karena Gunakan Fitur Donasi di Twitch Untuk Iklan

in ,
Burger King Twitch
Burger King Twitch

Twitch merupakan salah satu platform stream game yang cukup terkenal. Mereka juga dikenal karena kebijakannya yang cukup ketat dalam menangani proses streaming. Mereka kadang tidak segan-segan untuk menghapus streaming yang melanggar, bahkan mereka juga tidak segan membanned tanpa alasan jelas seperti kasus dr. Disrespect.

Dilansir dari Gamerant, Burger King dikritik karena gunakan fitur donasi di Twitch untuk iklan. Burger King melalui sebuah perusahaan periklanan bernama Ogilvy, baru-baru ini merilis sebuah iklan yang menunjukan video dari cuplikan di Twitch.

Mereka menggunakan sejumlah cuplikan di Twitch memburamkan wajah orang yang melakukan streaming, kemudian mengganti perkataan orang tersebut. Terlihat iklan tersebut memanfaatkan fitur donasi yang digunakan untuk iklan. Dimana bot mengirimkan pesan ke orang-orang yang sedang streaming untuk membahas tentang burger King.

Burger King Twitch 2

Meskipun terlihat bertujuan hanya bercanda, namun iklan tersebut mendapat banyak kritik dari para streamer Twitch. Ada yang mengkritik legalitas penggunaan cuplikannya. Ada juga yang menggkritik penyalahgunaan fitur donasi untuk kepentingan iklan, dimana bayarannya tidak sesuai. Belum ada tanggapan terkait hal tersebut dari pihak Burger King, Ogilvy dan Twitch terkait masalah tersebut.

Oleh karena itu, pemaparan di atas memberikan gambaran bagaimana fitur donasi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan iklan. Hal ini secara tidak langsung merupakan metode kreatif, namun adanya kritik malah bisa merusak reputasi dari Burger King.


Baca juga artikel artikel lainnya di Gamebrott atau artikel video game menarik lain dari Aru Akasa.

 

Avatar

Written by Ali

Penulis amatir yang menjadikan Gamebrott sebagai tempatnya latihan menulis, Akhirnya ia memberanikan diri menulis blognya yang berjudul meongeden.com